Aktifitas Wisata di Gili Trawangan Lombok

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau dari 3 pulau Gili diarea TWP Gili Indah dan merupakan pulau tersbesar dari 3 pulau lainnya yaitu Gili Meno dan Air. Banyak sekali aktifitas wisata yang bisa dilakukan ketika berwisata ke pulau gili trawangan, diantaranya adalah:

  1. Water Sport

Banyak sekali macam olahraga air yang disediakan oleh operator-operator yang tersedia di gili Trawangan diantaranya adalah:

  1. Diving

Diving merupakan salah satu watersport yang sangat populer di kalangan wisatawan, ada beberapa level untuk melakukan aktifitas diving tergantung dengan kesulitan dan tantangan yang berada di spot diving tersebut. Dari begineer fun diving sampai advance yang membutuhkan sertifikat sebagai persyaratannya.

Sumber: Hasil observasi Dhika 2018

  • Snorkeling

Snorkeling merupakan watersport yang sangat populer di Gili Trawangan banyak wisatawan berkunjung ke pulau ini untuk mencoba aktifitas wisata air ini dikarenakan perairan di sekitar TWP Gili Indah mempunyai keanekaragaman terumbu karang yang bagus dan banyak jenis spesies ikan. Paket snorkeling di Gili Trawangan mempunyai durasi minimal 4-5 jam, dan disediakan pelampung (Life vest) bila ada wisatawan yang tidak bisa berenang.

Sumber: Hasil observasi Dhika 2018 dan Dokumentasi UPW2014 JBL 2015

  • Kayaking / Paddle boat

Kayaking merupakan kegiatan watersport menggunakan perahu kayak di pinggir laut, banyak wisatawan yang bersantai mengelilingi pinggir pantai yang sudah di beri tanda batas, biasanya perahu kayak dapat di isi 1 sampai 2 wisatawan saja.

Sumber: http://kurakuragilimeno.com/category/activities/

  • Memancing

Memancing merupakan salah satu kegiatan menangkap ikan menggunakan joran pancing, kegiatan ini bisa dilakukan wisatawan dengan membeli paket Fishing. Wisatawan akan di bawa oleh operator penyedia jasa memancing untuk menuju spot spot yang berada di sekitaran area TWP Gili Indah.

  • Subwing

Subwing merupakan watersport yang baru populer beberapa tahun kebelakang, kegiatan ini perpaduan antara olahraga menyelam dengan snorkeling dan papan subwing ini sebagai alat untuk memudahkan para wisatawan untuk “terbang di bawah permukaan air”.

Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/

  1. Bersepeda

Banyak sekali operator penyedia penyewaan sepeda yang berada di pulau Gili trawangan, wisatawan bisa menyewa sepeda tersebut dengan kisaran harga 50-100 ribu rupiah perharinya. Wisatawan bisa berkeliling pulau menggunakan sepeda, dan sepeda merupakan sebagai salah satu transportasi utama yang berada di pulau Gili Trawangan dikarenakan di pulau tersebut tidak diperbolehkan kendaraan bermotor yang beroprasi.

Sumber: Hasil observasi Dhika 2018

  • Berkeliling Pulau menggunakan Cidomo

Cidomo merupakan kereta kuda khas Lombok dan cidomo juga merupakan transportasi utama di pulau Gili Trawangan, wisatawan bisa menggunakan cidomo untuk berkeliling pulau atau mengantar para wisatawan ke penginapan mereka.

Sumber: Hasil observasi Dhika 2018

  • Berjemur (Sun Bathing)

Berjemur merupakan kegiatan yang populer dilakukan oleh wisatawan mancanegara di sini dikarenakan suasan yang tenang dan pasir putih serta pemandangan laut yang indah membuat wisatawan nyaman berjemur di sini.

Hasil observasi Dhika

  • Berfoto Ria

Karena keindahan pulau Gili Trawangan banyak wisatawan berfoto untuk mendokumentasikan perjalanannya. Dan banyak juga spot-spot yang sangat bagus dan menarik untuk berfoto.

Sumber: Dokumentasi UPW 2014 JBL 2015

            Setelah melihat banyaknya aktifitas wisata yang dapat dilakukan di Gili Trawangan, apa saja yang ingin kalian lakukan ketika berlibur ke Gili Trawangan Lombok ?*Sumber : “PERILAKU WISATAWAN GENERASI MILLENIALS DALAM BERWISATA KE PULAU GILI TRAWANGAN LOMBOK” by Kadek Wiweka, Andhika Prasetya Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid 2018*



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp