5 Tips Membeli Koper, Agar Tak Salah Pilih

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Tahukah kamu, sebetulnya kesalahan dalam memilih koper bisa dihindari bila mengikuti tips membeli koper yang tepat dari para ahlinya.

Memang, saking mudahnya membeli koper, banyak orang yang cenderung abai terhadap berbagai faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli koper.

Lalu akhirnya, ketika mengalami musibah koper rusak atau tak sesuai harapan, mereka cenderung menyalahkan produsen ataupun penjualnya.

Padahal, pemilihan koper yang tepat akan sangat membantumu dalam berbagai keperluan seperti jalan-jalan, perjalanan dinas, ataupun saat pindah.

Memang yang faktor yang paling utama dari sebuah koper adalah fitur keamanannya, namun, bukan berarti faktor lainnya dapat diabaikan begitu saja, kan?

Jadi, selain faktor keamanannya, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa tips membeli koper berikut ini agar tak salah pilihan.

5 Tips Membeli Koper Biar Tak Salah Pilih

1. Mempertimbangkan Ukuran

Faktor pertama yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih koper adalah memerhatikan ukuran serta kapasitasnya.

Memang, setiap perjalanan akan memerlukan ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda, namun tak ada salahnya memilih ukuran paling memadai yang kamu butuhkan.

Misalnya, jika kamu ingin ingin koper yang praktis seukuran kabin pesawat maka kamu cukup memilih koper berukuran 22 inci.

Sementara itu, bila kamu membutuhkan koper yang cukup untuk banyak barang, sebaiknya pilihlah koper dengan ukuran maksimal 24 inci.

2. Terbuat dari Material Apa?

Tips membeli koper yang kedua dan tak kalah pentingnya yaitu memilih material koper dengan kualitas terbaik yang awet dan tak mudah rusak.

Umumnya, ada dua jenis koper yaitu koper hardcase dan koper softcase.

Koper Hardcase

Koper Softcase

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Namun, bila kamu sangat mementingkan keamanan barang-barang di dalam kopermu, maka sebaiknya pilihlah koper hardcase.

Lalu, dari semua material pembuat koper hardcase yang ada, material polycarbonate adalah pilihan terbaik karena sangat ringan dan daya tahannya kuat.

3. Perhatikan Keamanan Koper

Selain koper yang awet dan daya tahannya kuat, kamu juga pasti ingin koper yang super aman, kan?  Nah, bila kamu ingin keamanan kopermu terjamin, maka perhatikan sistem keamanan seperti resleting dan gembok yang disediakan pada koper pilihanmu.

Kamu tak ingin kan petugas bandara atau oknum penjahat membobol kopermu begitu saja?

Sebaiknya, pilihlah koper yang dilengkapi dengan resleting berukuran besar agar daya tahannya lebih baik.

Jangan lupa juga pilih koper yang dilengkapi dengan gembok berjenis Travel Sentry Approved (TSA) Lock, ya!

TSA lock sangat bermanfaat agar petugas bandara tak perlu membobol kopermu ketika melakukan pemeriksaan karena mereka biasanya memiliki kunci sentral TSA lock.

4. Jumlah Roda Juga Penting!

Tips membeli koper yang satu ini adalah yang paling disepelekan, lho!

Apa itu? Itu adalah jumlah roda pada koper.

Banyak orang yang tak mengetahui fungsi sebenarnya jumlah roda yang ada pada setiap koper. Padahal, jumlah roda berfungsi untuk mobilisasi dan kemudahanmu.

Misalnya, koper berroda 2 lebih tahan lama dan cocok untuk permukaan tak halus. Namun, koper berroda 2 sangat memberatkan lenganmu ketika dibawa.

Sementara itu, koper berroda 4 lebih memudahkan karena dapat ditorong atau ditarik…

Sehingga tak berat atau melelahkan.

5. Pilih yang Dilengkapi Banyak Fitur Pendukung

Tips membeli koper yang terakhir ini akan memberi berbagai kemudahan untukmu terutama bila koper pilihanmu memiliki banyak fitur pendukungnya.

Sama seperti produk teknologi lainnya, saat ini juga banyak koper yang dilengkapi berbagai fitur pendukung yang menarik.

Misalnya, ada koper yang dibuat dari bahan super ringan dan super kuat yang tak merepotkanmu ketika dalam perjalanan.

Lalu, ada juga koper yang dilengkapi dengan USB port seperti halnya powerbank untuk mengisi daya pada gadgetmu.    Namun, sebelum memerhatikan fitur pendukung sekunder, perhatikan dulu fitur utamanya seperti gembok, resleting, handle, dan juga rodanya ya!



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp