Hanya Ada 2 di Dunia!! Intip Keindahan Blue Fire, Kawah Ijen Indonesia

By. Dewi Savitri - 09 May 2023

Bagikan:
img

Batemuri.com- Hai Sobat Batemuri!! Sudahkah kalian tau bahwa terdapat salah satu peristiwa alam menakjubkan yang hanya ada di 2 tempat di dunia salah satunya ternyata ada di Indonesia lho!! Yappp!! Kalau kalian menebak peristiwa tersebut adalah blue fire, maka tebakan kalian sangat tepat!!

 

Baca Juga: Transportasi Umum Untuk Traveling Sendirian? Jangan Takut, Ini Dia Tips & Triknya

 

Blue fire, atau yang dikenal dengan api biru, merupakan fenomena alam yang sangat langka dan hanya terjadi di beberapa tempat di dunia, salah satunya adalah di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Blue fire terbentuk dari gas sulfur yang terbakar dan menghasilkan cahaya biru yang sangat indah.

 

Untuk dapat melihat blue fire di Gunung Ijen, pengunjung harus melakukan pendakian ke puncak gunung pada malam hari. Pendakian dimulai sekitar pukul 1-2 dini hari dan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari kondisi fisik. Saat mencapai kawah, pengunjung akan dapat melihat pemandangan spektakuler dari blue fire yang terbakar di tengah-tengah kawah.

 

Waktu terbaik untuk dapat melihat blue fire di Kawah Ijen adalah pada musim kemarau pada bulan Juli sampai September. Blue fire di Kawah Ijen hanya dapat dilihat pada pukul 01.00-02.00 sebelum matahari terbit. Puncak keindahan Kawah Ijen ada pada saat matahari sedang menyinari belahan bumi lain. Namun, penampakan blue fire sangat sulit untuk diprediksi. Maka dari itu kita juga membutuhkan keberuntungan untuk melihat blue fire atau api biru di Kawah Ijen.

 

Baca Juga: Kamu Butuh Healing? Kesini Aja!! Ini Dia 5 Destinasi Wisata di Bandung

 

Tidak hanya melihat blue fire, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Ijen. Di kawah Ijen terdapat danau kawah yang berwarna hijau toska, hutan yang asri, serta udara yang sejuk dan segar. Pengunjung juga dapat menemukan para petani sulfur yang bekerja keras di sekitar kawah.

 

Namun, perlu diperhatikan bahwa pendakian ke Gunung Ijen memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan memerlukan persiapan yang matang. Selain itu, pengunjung juga harus menggunakan masker dan perlengkapan keselamatan lainnya karena kawah Ijen mengeluarkan gas beracun yang dapat membahayakan kesehatan.

 

Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya pengunjung menggunakan jasa tour travel yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam membawa pengunjung ke Gunung Ijen. Jasa tour travel akan memberikan pelayanan yang lengkap seperti transportasi, penginapan, perlengkapan pendakian, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Tips Naik KRL bagi Pemula: Mengenal dan Memahami Sistem Transportasi di Jakarta

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp