Mengapa Nabi Muhammad SAW yang Dipilih Allah SWT Menjadi Rasul Terakhir?

By. Siti Rahmawati - 11 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Nabi Muhammad saw. adalah sosok pilihan Allah yang diutus-Nya kepada seluruh umat manusia.

 

Allah mewajibkan manusia memercayai, mengikuti, dan mencintai beliau.

 

 

Tapi mengapa Nabi Muhammad saw.? Mengapa dari Makkah bukan selainnya?

 

"Allah Maha Mengetahui di mana (dan kepada siapa) Dia meletakkan tugas penyampaian risalah-Nya. Begitu jawaban singkat QS. al-An'am (6): 124.

 

 

Kendati demikian, kita dapat berusaha menganalisis sebab-sebabnya tanpa memastikan karena apa yang dikemukakan siapa pun selain Allah dan Rasul- Nya bukanlah sesuatu yang pasti.

 

Dalam buku Lentera Hati, Quraisy Shihab antara lain mengemukakan semacam analisis yang dapat diketengahkan sebagai jawaban pertanyaan di atas.

 

 

 

Timur Tengah adalah jalur penghubung antara Timur dan Barat. Maka, wajar jika kawasan ini menjadi tempat penyampaian pesan terakhir Ilahi yang ditujukan kepada seluruh manusia di segala penjuru dunia.

 

 

Ada dua adikuasa pada abad kelima dan keenam Masehi masa turunnya Al-Quran.

 

Pertama, Kekaisaran Persia, yang masyarakatnya menyembah api dan masih berbekas ajaran Mazdak tentang kebebasan seksual sehingga permaisuri pun harus menjadi milik bersama.

 

 Kedua, imperium Romawi yang mengaku Nasrani tetapi budaya Kaisar Nero yang membakar habis kota Roma dan memerkosa ibunya sendiri masih memengaruhi mereka.

 

Kedua adikuasa itu bersitegang memperebutkan wilayah. Wilayah Hijaz di Timur Tengah ketika itu belum terkuasai, walau upaya telah dilakukan secara halus oleh antek Romawi,

'Utsman Ibn Huwaris, maupun dengan kekerasan oleh Abrahah lewat pasukan bergajahnya.

 

 

Baca juga:

 

 

Dalih serangan adalah penghinaan terhadap rumah ibadah yang dibangunnya di Yaman, sedangkan tujuannya adalah menguasai jalur Hijaz, dari Yaman menuju ke Syam. Tapi "tangan" Tuhan menggagalkannya.

 

Bayangkan apa yang akan terjadi jika tauhid dikumandangkan di daerah kekuasaan Romawi atau Persia yang keyakinannya bertentangan dengan ajaran tauhid?

 

 

Di Hijaz ketika itu belum terpusat kekuasaan. Masing-masing kelompok suku saling bermusuhan dan memperebutkan pengaruh. Di Makkah, pusat Hijaz, para pedagang dan seniman datang memamerkan dagangan atau karya mereka.

 

Di sana bertemu kafilah Selatan dan Utara, Timur dan Barat. Penduduk Makkah juga melakukan “perjalanan musim dingin dan panas" ke daerah Romawi dan Persia. Faktor ini yang kemudian memudahkan penyebaran ajaran Islam.

 

 

 

Ada faktor selain itu yang mendukung terpilihnya Makkah sebagai tempat awal mula penyebaran Islam. Ketika itu, masyarakat Makkah belum banyak disentuh peradaban.

 

Mereka juga belum mengenal kemunafikan atau bermuka dua, dan mereka keras kepala, serta lidah atau ungkapan mereka tajam (lihat QS. al-Ahzab [33]: 19).

 

 

Mereka juga sangat kuat pendirian walaupun ditekan. Bilal dan Ammar Ibn Yasir-dua di antara sahabat dan pengikut-pengikut setia Nabi dan banyak lagi selain keduanya- tidak rela mengucapkan kalimat kufur, walaupun agama memberi peluang berpura-pura selama hati tetap beriman (baca QS. an- Nahl [16]: 106).

 

Sejarah juga menunjukkan bahwa ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang kemunafikan baru dikenal atau turun ketika Nabi telah berada di Madinah. Entah bagaimana kesudahan agama ini jika sejak dini sudah ada pemeluknya yang munafik.

 

Suku Quraisy yang paling berpengaruh di Makkah memiliki bahasa atau dialek yang sangat indah dan dominan. Selain itu, juga mudah, jelas, dan halus, serta berbeda dengan dialek suku- suku Arab yang lain.

 

Hal ini disebabkan mereka menyerap kosa- kata serta struktur kalimat yang indah dari para pendatang yang cukup banyak berkunjung ke sana.

 

Pada saat itu, ada dua keluarga besar suku Quraisy, yaitu Hasyim dan Ummayyah. Walaupun keduanya dari satu keturunan, namun mereka memiliki banyak perbedaan, baik sebelum maupun sesudah Islam.

 

 

Baca juga :

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp