Seringkali Terjadi Tanpa Kita Sadari, Waspadai Dosa Syirik !

By. Siti Rahmawati - 25 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pada asalnya, manusia adalah makhluk yang bertauhid. Bertauhid merupakan fitrah yang dikaruniakan Allah SWT umtuk manusia.

 

Oleh karena itu perbuatan syirik adalah unsur laur yang menyusup kepada fitrah tersebut.

 

 

Sumber gambar : umrah.com

 

 

 

Sejarah Syirik

 

Jauh sebelum zaman jahiliyah sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW, ada kaum yang telah melakukan perbuatan musyrik lebih dulu.

 

Kaum ini sekaligus menjadi kaum musyrik pertama yang ada di muka bumi.

 

 

 

Perbuatan syirik mereka berupa memuliakan orang yang sudah mati.

 

Kaum ini menciptakan patung-patung dan memuja-muja berhala. Kisah mereka bahkan diabadikan dalam Alquran, Surat Nuh ayat 23.

 

 

وَقَالُوا لَا تَذَرُنَّ آلِهَتَكُمْ وَلَا تَذَرُنَّ وَدًّا وَلَا سُوَاعًا وَلَا يَغُوثَ وَيَعُوقَ وَنَسْرًا

 

"Dan mereka berkata, “Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Wadd, dan jangan pula Suwa‘, Yagus, Ya‘uq dan Nasr."

 

 (QS Nuh ayat 23)

 

 

 

Pengertian Syirik

 

Secara bahasa syirik berasal dari Bahasa Arab as-syirku, yang artinya ta’addudul aalihati (kemusyrikan),

 

(2) al-musyariku (sekutu, peserta), an-nashibu (bagian), dan asy-syirkatu wasysyarikatu (persekutuan, perseroan).

 

 

 

Secara istilah syirik adalah perbuatan, anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt. dengan yang lain, seakan-akan ada yang maha kuasa di samping Allah Swt.

 

Orang yang menyekutukan Allah disebut musyrik. Syirik merupakan dosa besar yang tidak terampuni, seperti difirmankan oleh Allah Swt :˚

 

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

 

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.”

 

(QS. an-Nisā’ [4] ayat 48)

 

 

Baca juga:

 

Beda Istinja’ dan Istijmar Berikut Hukum dan Ketentuannya !

 

Pahami Bersuci Dengan Tisu ! Apakah Sah Hukumnya ?

 

 

 

 

Jenis-jenis Syirik

 

Syirik terbagi menjadi dua macam, yakni syirk akbar (syirik besar) atau disebut juga dengan syirk jali (syirik nyata) dan syirk asghar (syirik kecil) atau disebut juga dengan syirk khafi (syirik samar-samar).

 

1. Syirik Akbar

 

Disebut syirik akbar atau syirk jali jika melakukan perbuatan yang jelas-jelas menganggap ada tuhan- tuhan lain selain Allah Swt.

 

Tuhan-tuhan itu dijadikannya sebagai tandingan di samping Allah menganggap ada sesembahan selain Allah.

 

menganggap Tuhan mempunyai anak atau segala perbuatan yang mengingkari kemahakuasaan Allah. Oleh karena itu mereka disebut musyrik sehingga perlu dimurnikan ketauhidannya.

 

Macam syirik ini dilakukan oleh mereka yang berdoa kepada berhala, menyembelih hewan untuk sesajen, dan sebagainya.

 

Melakukan syirik besar bisa membuat seseorang keluar dari agama Islam. Contohnya:

 

a. Syirik dalam Hal Doa

 

Orang muslim yang melakukan syirik besar dalam doa biasanya juga berdoa kepada Allah. Namun di lain waktu, ia juga berdoa kepada makhluk lain atau sekutu lain yang diyakininya.

 

Misalnya berdoa di makam orang sholeh, dan yakin bahwa orang yang telah meninggal bisa memberikan berkah. Ia tidak berhasil menata hatinya untuk senantiasa berharap kepada Allah, dan mencampuradukkan amal sholeh (misalnya berziarah) dengan dosa besar (syirik).

 

b. Syirik dalam Hal Niat

 

Seseorang yang melakukan syirik besar dalam hal niat adalah mereka yang beribadah untuk ditujukan kepada selain Allah. Contohnya, berpuasa yang ditujukan kepada makhluk lain.

 

c. Syirik dalam Hal Ketaatan

 

Hanya Allah yang berhak diibadahi dan ditaati. Orang yang taat berarti melaksanakan peritahNya dan menjauhi larangan-Nya.

 Tetapi, orang yang melakukan syirik besar dalam hal ketaatan menjadikan makhluk lain sebagai sekutu yang harus ditaati. Misalnya bersedia melakukan apa yang diperintah oleh orang alim, tanpa mendasarkannya kepada Allah.

 

d. Syirik dalam Hal Perasaan Cinta

 

Rasa cinta atau mahabbah seharusnya senantiasa ditujukan kepada Allah. Adapun mencintai makhluk Allah hendaknya dilakukan juga karena Allah.

Terlalu mencintai makhluk lain, tanpa menghadirkan Allah di dalamnya, termasuk dosa syirik besar.

 

 

2. Syirik Asghar

 

Syirik asghar (syirk khafi) ialah perbuatan yang secara tersirat mengandung pengakuan ada yang kuasa di samping Allah Swt.

 

Misalnya, pernyataan seseorang: “Jika seandainya saya tidak ditolong oleh dokter itu, saya pasti akan mati.”

 

 

 

Pernyataan seperti ini menyiratkan seakan-akan ada pengakuan bahwa ada sesuatu yang berkuasa selain Allah Swt.

 

Seorang mukmin yang baik dalam peristiwa seperti tersebut di atas akan berkata:

 

 “seandainya tidak ada pertolongan Allah melalui dokter itu, saya pasti akan mati.”

 

 

 

Perbuatan syirik bisa menggiring isi hati kepada hawa nafsu atau sesembahan lainnya dan bukan lagi kepada Allah. Berikut ini 3 cara agar bisa terhindar dari dosa syirik:



1. Ikhlas dalam Beramal

Ikhlas artinya memurnikan niat hanya untuk Allah Ta'ala. Setiap hamba seharusnya berbuat kebaikan dengan niat hanya untuk mencari ridha Allah Ta'ala.



"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus."

 

(QS Al-Bayyinah: 5).



2. Meyakini Pembalasan dari Allah

Seseorang harus meyakini, setiap amal perbuatan, besar atau pun kecil, pasti akan mendapatkan balasan dari Allah. Keyakinan seperti ini bisa menghindarkan seseorang dari perbuatan menyekutukan Allah.


"Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya."

 

(QS Al-Bayyinah: 8)


4. Memperbanyak Dzikrullah


Dzikrullah atau mengingat Allah merupakan obat dari penyakit hati, riya' termasuk di dalamnya.

 

Dengan memperbanyak dzikrullah, baik dengan lisan maupun hati berarti seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah.



"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang."

 

(QS Al-A'raf: 205).

 

 



Doa Agar Terhindar dari Syirik



Rasulullah SAW telah mengajarkan doa kepada umatnya agar terhindari dari perbuatan syirik. Di antara doa itu adalah:



اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ نَعْلَمُهُ



"Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang kami ketahui, dan kami memohon ampun kepada-Mu atas apa yang tidak kami ketahui."

 

(HR Imam Ahmad)

 



Rasulullah pernah bersabda, "wahai sekalian manusia, jauhilah dosa syirik, karena syirik itu lebih samar daripada rayapan seekor semut."



Seorang sahabat lalu bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana kami dapat menjauhi dosa syirik, sementara ia lebih samar daripada rayapan seekor semut?"



Rasulullah SAW menjawab, "ucapkanlah:



اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ



"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik yang aku sadari. Dan, aku memohon kepada-Mu atas dosa-dosa yang tidak aku ketahui."
 

 

 

 

Baca juga :

Traveling ke Turki, Selain Kebab Jangan Lewatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini !

 

Mevlana Museum Konya Turki, Wisata Ziarah Sang Guru Sufi Jalaludin Rumi

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp