9 Tips Umrah Saat Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Fit Agar Ibadah Tetap Nyaman

By. Dewi Savitri - 29 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan. Di bulan Ramadhan, berbagai amalan yang dilakukan umat muslim akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali lipat. Begitupula saat kita melaksanakan ibadah umrah. Bagi Sobat Batemuri yang sedang merancanakan ibadah umrah untuk bulan Ramadhan tahun depan, berikut adalah beberapa tips umrah dibulan Ramadhan yang kami rangkum khusus untuk Sobat semua:

 

Baca Juga: Jangan Boros!! Ikuti Tips Ini Kalo Kamu Mau Umrah Bareng Keluarga

 

1. Atur Jadwal Umrah

 

Arab Saudi memiliki iklim yang sangat berbeda dengan Indonesia. Bulan Ramadhan biasanya bertepatan dengan musim panas.  Bagi Sobat yang tidak terbiasa dengan musim panas, melaksanakan umrah di siang hari dalam kondisi berpuasa bisa menjadi berat karena sangat challenging. Tidak apa-apa jika ingin mencoba, namun bagi Sobat yang memiliki kondisi tidak prima cobalah untuk mengatur pelaksanaan kegiatan ibadah umrah di bulan Ramadhan saat malam hari agar tidak kepanasan dan jika merasa haus dapat segera minum. Sehingga, Sobat dapat terhindar dari dehidrasi.

 

2. Beristirahat Pada Siang Hari

 

Ibadah umrah di bulan Ramadhan biasanya, sebagian kegiatan banyak dilakukan pada malam hari, maka dari itu sempatkan dan gunakan waktu siang haru secara maksimal untuk beristirahat. Siapkan energi agar tetap fit ketika beribadah di malam hari.

 

3. Siap Hadapi Keramaian

 

Akhir bulan Ramadhan biasanya menjadi idaman para umat muslim untuk menjalankan ibadah umrah. Jutaan umat muslim dari seluruh dunia akan datang dan berkumpul di Ka’bah untuk melaksanakan ibadah umrah, maka dari itu, siapkanlah diri Sobat untuk kondisi ini. Lapangkanlan hati dan pikiran Sobat serta luruskanlah niat beribadah hanya kepada Allah SWT.

 

4. Buka Puasa

 

Saat menjalankan ibadah puasa di Makkah dan Madinah, Sobat tidak perlu khawatir mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Masjid Nabawi dan Masjidil Haram terdapat takjil yang berlimpah ruah. Makanan ini gratis disediakan untuk para jamaah, Sobat sekalian dapat mengambil takjil dan berbuka puasa bersama para jamaah. Nikmatilah suasana berbuka puasa di Makkah dan Madinah bersama para umat muslim lain dari seluruh penjuru dunia.

 

5. Atur Waktu Sahur

 

Baca Juga: 7 Tips Umrah di Musim Panas Agar Tetap Bugar

 

Makan sahur merupakan persiapan yang tidak kalah penting untuk melaksanakan puasa di tanah suci. Atur baik-baik waktu santap sahur bersama rombongan, jangan sampai ketinggalan untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjidil Haram atau di Masjid Nabawi. Kita perlu mengingat bahwa kita akan berjalan menuju masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, maka dari itu tanamkanlah sifat disiplin dalam waktu agar ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar.

 

6. Pilih Penginapan Dekat Masjidil Haram

 

Pilihlah penginapan yang tidak terlalu jauh dengan Masjidil Haram di Makkah, hal ini dapat menghemat energi Sobat saat berjalan menuju Masjidil Haram. Jika mendapat penginapan yang tidak terlalu dekat dengan Masjidil Haram, maka Sobat disarankan untuk tidak sering bolak balik ke hotel. Berdiam dirilah di masjid untuk memperbanyak dzikir dan membaca Al-Qur’an.

 

7. Siapkan Dana Ekstra

 

Saat bulan Ramadhan, biasanya biaya penginapan dan transportasi menuju tanah suci akan mengalami perbedaan harga. Oleh karena itu, siapkanlah dana ekstra untuk berjaga-jaga.

 

8. Siapkan Fisik dan Mental

 

Umrah merupakan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat, apalagi jika dilakukan saat bulan Ramadhan. Sobat perlu menyiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum berangkat ke tanah suci. Selain itu, kondisi yang cukup ramai bisa saja menguras energi dan kesabaran Sobat, maka dari itu selain persiapan fisik Sobat juga perlu menyiapkan kondisi mental yang stabil agar tidak mudah stress. Niatkan ibadah karena Allah agar selalu terhindar dari emosi negatif saat beribadah.

 

9. Perhatikan Asupan Makanan

 

Baca Juga: Jangan Lengah!! Ini Dia Tips Belanja saat Ibadah Umrah

 

Perbanyaklah minum air putih untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan tidak terjadi dehidrasi saat berpuasa. Selain itu, perhatikan juga asupan makana Sobat Batemuri sekalian, pastikan Sobat memakan makanan yang berkualitas agar kuat saat menjalankan ibadah umrah. Sobat disarankan untuk memakan Ruthab (kurma basah) sebelum beribadah agar tubuh lebih segar dan dapat beribadah dengan maksimal.

 

 

Itulah beberapa tips dari kami untuk Sobat Batemuri yang akan melaksanakan perjalanan ibadah umrah saat bulan Ramadhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat sekalian. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com. Semoga kita selalu dalam keberkahan dan perlindungan Allah swt Amin YRA









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp