Mau Hati Tenang? Lakukan Ini di Sepertiga Malam, Ini Dia 5 Manfaat Sholat Tahajud

By. Dewi Savitri - 30 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sholat tahajud merupakan ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Sholat tahajud dilakukan pada waktu sepertiga malam. Sholat tahajud memiliki keutamaan yang begitu dahsyat, hal ini disebabkan salah satunya karena melakukan ibadah di sepertiga malam setelah bangun tidur adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Selain itu, waktu sepertiga malam juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

 

Baca Juga: Bantu Temukan Barang Hilang, Benarkah?? Ini Dia Keutamaan Surat Ad-Dhuha

 

Berikut beberapa keutamaan sholat tahajud:

 

1. Mendapat Tempat Terpuji

 

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya teruta. ma yang melakukan kebaikan. Allah akan membalas setiap perbuatan baik hamba-Nya berkali-kali lipat. Begitupula dengan sholat tahajud. Allah akan memberikan tempat terpuji di sisi-Nya bagi umatnya yang melaksanakan sholat tahajud seperti pada firman-Nya dalam Qur’an surat Al-Isra Ayat 79 yang artinya:

 

“Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai tempat ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

 

2. Mendapat Ketenangan Hati

 

Melaksanakan sholat tahajud dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Suasana malam hari yang sepi akan membuat ibadah menjadi semakin khusyu. Kita akan jauh lebih fokus untuk berserah diri, intropeksi diri dan berdo’a memohon ampun serta meminta pertolongan dari Allah SWT.

 

3. Do’a Dikabulkan

 

Baca Juga: Jangan Banyak Alasan!! Sholat Jamak Qasar, Solusi Sholat Diperjalanan

 

Keutamaan sholat tahajud yang dahsyat adalah setiap doa yang kita panjatkan pada Allah SWT saat sholat tahajud akan dikabulkan oleh Allah SWT. Allah akan memberikan jawaban terbaik seperti sebuath kutipan dari Imam Syafi’i, “Do’a sholat tahajud adalah seperti anak panah yang tidak pernah melesat dari sasarannya.”

 

4. Dipermudah Segala Urusan

 

Allah akan bantu menyelesaikan semua masalah yang kamu punya, salah satu sarananya adalah dengan melaksanakan sholat tahajud. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang artinya:

“Allah SWT turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman ‘Siapa yang berdo’a kepada-Ku akan Aku ijabahi do’anya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku maka akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukharo 1145)

 

5. Diampuni Segala Dosa

 

Seperti pada hadis diatas, bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa umat-Nya yang memohon ampunan saat melaksanakan sholat Tahajud di sepertiga malam. Berdo’alah dan minta ampunan-Nya, Allah akan mengampuni segala dosa hamba-Nya jika kita berdo’a dengan hati yang tulus dan ikhlas.

 

Baca Juga: Pahala Haji Meski Tidak Berhaji? Mengenal Puasa Arafah: Hukum, Keutamaan dan Niatnya

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan sholat tahajud yang sangat dahsyat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri semua!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp