Awal dan Akhir Waktu Penyembelihan Hewan Kurban, Jangan Kecepatan!!!

By. Darma Taujiharrahman - 31 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari besar dalam agama Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari ini, umat Muslim menyembelih hewan kurban sebagai bagian dari ibadah dan untuk memperingati kisah nabi Ibrahim yang siap untuk mengorbankan anaknya, Ismail, sebagai tanda ketaatan kepada Allah.

 

Proses penyembelihan hewan kurban ini memiliki aturan dan tata cara yang telah ditetapkan oleh agama Islam. Selain mengikuti petunjuk dalam Al-Qur'an, umat Muslim juga mengacu pada tuntunan dari hadis-hadis yang menggambarkan bagaimana penyembelihan yang benar dilakukan. Salah satu aspek yang penting adalah waktu pelaksanaan penyembelihan.

 

Baca juga:

 

Dalam tradisi Islam, waktu penyembelihan hewan kurban dimulai setelah shalat Idul Adha dilaksanakan di pagi hari. Setelah umat Muslim menunaikan shalat, hewan kurban yang telah dipilih akan disembelih oleh seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam melakukannya. Proses penyembelihan tersebut dilakukan dengan pisau yang tajam untuk memastikan bahwa hewan tersebut disembelih dengan cepat dan tanpa menyebabkan penderitaan yang tidak perlu.

 

Awal Waktu Penyembelihan

 

Tentang permulaannya, para ulama telah sepakat bahwa menyembelih hewan yang dilakukan sebelum shalat adalah tidak boleh (tidak sah), berdasarkan sabda Rasulullah SAW,

Artinya: "Siapa yang menyembelih kurban sebelum shalat maka itu hanya daging kambing biasa (sedekoh)."

 

Bahkan Rasulullah SAW memerintahkan orang yang menyembelih kurban sebelum shalat agar mengulangnya kembali

Artinya: "Hal pertama yang kita mulai dihari kita ini adalah kita shalat kemudian menyembelih (kurban)”.

 

Akhir Waktu Penyembelihan

 

Dijelaskan oleh Imam Malik dan Syafi’i bahwa pelaksanaan penyembelihan idul kurban adalah berlangsung selama empat hari yaitu mulai dari hari nahar (Idul Adha) 10 Dzulhijjah dan tiga hari setelahnya 11,12,13 Dzulhijjah.

 

Hal ini sebagaimana dijelaskan pada hadist Jabir bin Muth’im RA bahwa Rasulullah saw bersabda;

Artinya: “Setiap tempat di Mekah adalah tempat menyembelih dan semua hari tasyriq adalah (waktu) penyembelihan.”

 

Kesimpulannya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah dimulai pada 10 Dzulhijjah yaitu setelah melaksanakan sholat sunnah Idul Adha, sedangkan akhir waktu penyembelihannya adalah hari tasyriq ketiga yaitu 13 Dzulhijjah. Diluar waktu yang ditetapkan adalah penyembelihan biasa.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp