Jurus Jitu Sehat Ala Rasulullah SAW, Yuk Ikuti !

By. Siti Rahmawati - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sehat merupakan nikmat yang Allah SWT anugerahkan kepada setiap hamba-Nya. Tentu kenikmatan ini wajib kita syukuri, jangan sampai setelah sakit baru sadar kenikmatan hidup sehat.

 

Hidup sehat adalah harapan setiap orang. Apalagi, dalam situasi saat ini yang masih diliputi wabah korona yang belum reda. Apa pun akan dilakukan agar dirinya tidak sakit. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau meminum vitamin.

 

 

Nabi sendiri bersabda,

“Mohonlah kepada Allah kesehatan. Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan.”

(HR Ibnu Majah).

 

 

Dalam kondisi sehat, seseorang bisa beraktivitas dengan optimal. Pikirannya juga akan bekerja dengan baik dan penuh konsentrasi. Bandingkan dengan orang yang sakit.

 

Sumber gambar : freepik.com

 

 

Baca juga:

 

 

 

Nabi Muhammad Saw adalah manusia super yang tidak pernah sakit kecuali saat menjelang wafatnya beliau. Sebab seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

 

Rasulullah SAW sebagai sosok teladan umat manusia telah mengajarkan tentang cara hidup sehat. Jurus hidup sehat ala Rasulullah SAW ini memang sederhana, tapi manfaatnya luar biasa.

 

 

Berikut beberapa jurus hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dikutip dari berbagai sumber.

 

1. Makan Secukupnya

Rasulullah SAW menganjurkan makan secukupnya, tidak berlebihan. Makan yang berlebihan khawatirnya bisa menimbulkan kerugian, seperti makan tidak habis karena kekenyangan hingga mual.

 

2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Tips sehat ala Rasulullah SAW berikutnya adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal ini berdasarkan hadis berikut.

 

3. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

 

4. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

 



5. Berolahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

 

6. Tidak Minum Khamr

Jurus hidup sehat ala Rasulullah SAW berikutnya adalah tidak minum khamar. Larangan minum khamar sudah jelas ditegaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 90-91. 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp