Tradisi Minum Kopi dalam Islam, Begini Doa Rasulullah Saat Minum Kopi

By. Siti Rahmawati - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Siapa sangka, ternyata tradisi minum kopi bersala dari dunia Islam.Sebuah manuskrip tentang budaya Muslim di abad ke-15 menyebutkan, kopi mulai dikenal dalam budaya umat Islam pada sekitar tahun 1400.

 

Kopi itu dibawa masyarakat Yaman dari Ethiopia. Orang Afrika, terutama Ethiopia, telah mengenal kopi sejak tahun 800 SM.  Saat itu, mereka mengonsumsi kopi yang dicampur dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh.

 

Sumber lain, yakni kesaksian dari ilmuwan Muslim terkemuka, Al-Razi dan Ibnu Sina, menyatakan kopi telah dikenal di kalangan umat Islam pada awal abad ke-10. Minuman ini pertama kali dinikmati dan dibudidayakan oleh masyarakat Yaman.

 

Sumber gambar : pixabay

 

 

Baca juga:

 

Mereka menyebut minuman kopi sebagai al-Qahwa. Konon, peminum pertama kopi adalah kaum sufi yang menggunakannya sebagai stimulan agar tetap terjaga selama berzikir pada malam hari.

Meskipun kini banyak yang mengonsumsi kopi, tak sedikit pula banyak orang yang berpikir bahwa kopi adalah salah satu minuman yang tak sehat.

Tapi ternyata si biji hitam kecil ini punya sejarah dengan dunia Islam, khususnya dengan kaum sufi? Ternyata saat minum kopi pun, ada doa yang harus dibaca.

 

 

Dilansir dari berbagai sumber, ada kisah singkat yang mesti kamu tahu. Ini diceritakan oleh Sayyid Nahlawi Ibnu Sayyid, seorang sufi dari tanah Maghribi.

 

Pada suatu ketika, sufi ini mengatakan sesuatu kepada Nabi Muhammad SAW soal konsumsi kopi.

 

"Wahai Nabi Muhammad SAW, saya suka meminum kopi," kata sufi tersebut.

 

Kemudian, Nabi Muhammad SAW memerintahkan sang sufi untuk membaca doa saat hendak mengonsumsi kopi.

 

للهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدني وشفاء لقلبي ودواء لكل داء يا قوي يا متين ثم يتلو البسملة.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai Dzat yang Maha Kuat dan Maha Teguh. Kemudian, membaca bismillahirrahmanirrahim.

 

 

Lalu, Nabi Muhammad SAW lanjut bersabda, "Malaikat akan terus memintakan ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulut."

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp