3 Kali Sehari, Ini Dia Menu Makan Jamaah Haji saat di Tanah Suci

By. Dewi Savitri - 12 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Haji adalah salah satu perjalanan suci yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun, ribuan jemaah haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, untuk menunaikan ibadah haji. Ibadah haji merupakan momen yang sangat penting yang membutuhkan banyak persiapan baik bagi para penyelenggara maupun bagi para jamaah yang akan menunaikan ibadah tersebut. Penyelenggara ibadah haji di Indonesia, yaitu Kementerian Agama beserta jajarannya telah mempersiapkan momen ini sedemikian mungkin agar tidak ada cacat dalam pelaksanaan ibadah yang hanya dilakukan di bulan haji. Salah satunya adalah terkait makanan catering jamaah saat berada di tanah suci.

 

Baca Juga: Alasan Layanan Konsumsi Jamaah Haji di Hentikan, Kenapa??

 

Kalian penasaran nggak sih kira-kira makanan apa aja ya yang dimakan para jamaah selama beribadah disana?? Nah, ininih menu makanan yang disediakan penyelenggara untuk para jamaah haji Indonesia di Tahun 2023:

 

1. Menu Makan Pagi atau Sarapan

 

Setiap hari dimulai dengan sarapan untuk memberikan energi kepada jemaah haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan baik sepanjang hari. Berikut adalah beberapa hidangan sarapan yang disediakan:

 

- Nasi Kuning

- Nasi Uduk

- Nasi Goreng

- Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah

- Orek Tempe Cabe Hijau

- Teri Kacang Balado

- Orak Arik Telur Cabe Merah

- Ayam Goreng Tepung

 

2. Menu Makan Siang

 

Setelah beraktivitas dan beribadah, jamaah akan mendapat makan siang tentunya di jam makan siang yang sudah ditetapkan. Berikut adalah hidangan-hidangan yang disediakan untuk makan siang:

 

Baca Juga: Apa Itu BIPIH dan BPIH? Jangan Keliru, Ini Dia Penjelasannya

 

- Ikan Kaci Bumbu Balado dan Tumis Sayuran

- Rendang Daging dan Tumis Jamur Cabe Merah

- Ikan Bandeng Presto dan Terong Balado

- Ayam Gulai dan Tumis Timun Wortel

- Ikan Manyung Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Kembang Kol Wortel

- Ayam Woku dan Tumis Jamur Cabe Merah

- Ikan Patin Goreng Bumbu Kuning dan Tumis Timun Wortel

 

3. Menu Makan Malam

 

Kemudian, setelah beraktivitas seharian jamaah akan diberikan makan malan sebagai jamuan penutup hari sebelum jamaah beristirahat atau akan memulai aktivitas ibadah di malam hari agar perut tidak kosong. Adapun hidangan-hidangan yang tersedia untuk makan malam adalah sebagai berikut:

 

- Ayam Goreng Kecap dan Kentang Mustofa

- Telur Dadar Daging Cincang dan Terong Teri Balado

- Opor Ayam dan Oseng Tempe Cabe Merah

- Semur Daging dan Kentang Mustofa

- Telur Dadar Daging Cincang dan Tempe Orak Arik Cabe Merah

- Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Teri Balado

- Daging Sapi Bumbu Tongseng dan Kembang Kol Tepung Goreng.

 

Selain hidangan-hidangan di atas, PPIH juga menyediakan buah-buahan segar seperti jeruk, pisang, atau apel pada setiap makan siang dan malam jemaah haji. Buah-buahan ini memberikan kesegaran dan energi tambahan dalam perjalanan spiritual mereka.

 

Menu makanan ini tentunya sudah melalui berbagai proses checking pemerintah dengan memperhatian berbagai aspek seperti menyesuaikan menu dengan mayoritas selera makan warga negara Indonesia. Hal ini dilakukan agar jamaah bisa menikmati hidangan sehingga jamaah tidak kelaparan dan mendapat energi serta makanan yang bergizi agar ibadah mereka berjalan lancar.

 

Baca Juga: Rencana Pembentukan Panitia Kerja Evaluasi Haji 2023 M

 

Perjalanan haji adalah momen yang sangat berharga bagi umat Islam, selain itu ibadah haji juga memerlukan kondisi fisik yang prima karena melalui berbagai ritual yang membutuhkan kekuatan fisik seperti berjalan jauh dan berlari kecil. Sehingga, penting bagi jamaah haji untuk mendapatkan makanan yang lezat dan bergizi untuk membantu menjaga stamina tubuh. Itu dia beberapa menu makanan jamaah haji Tahun 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua!!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp