5 Makanan Thailand yang Mirip Makanan Indonesia, Mana Favoritmu??

By. Dewi Savitri - 23 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com- Makanan khas Thailand memiliki daya tarik tersendiri bagi lidah masyarakat Indonesia. Rasa asam, gurih, dan pedas yang menjadi ciri khas kuliner Thailand tidak hanya menarik bagi pecinta kuliner Negeri Gajah Putih, tetapi juga memiliki kemiripan dengan beberapa masakan tradisional Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 5 kuliner Thailand yang mirip dengan makanan Indonesia, dari tampilan hingga cita rasanya.

 

Baca Juga: 9 Makanan Khas Jepang Selain Shusi yang Wajib Kamu Coba

 

1. Khanom Fak Bua - Kue Cucur

 

Khanom fak bua atau khanom jujun, kue cucur ala Thailand, memiliki kemiripan dengan cita rasa sayur asem Indonesia. Tidak hanya dari segi tampilan, tetapi juga dari tekstur hingga rasanya. Uniknya, kue cucur Thailand ini diperkaya dengan tambahan rasa pandan atau ubi ungu, memberikan sentuhan harum khas yang membuatnya berbeda namun tetap mirip dengan kue cucur Indonesia.

 

2. Pa Thong Ko - Kue Apem

 

Kue apem juga hadir di Thailand dengan nama Pa Thong Ko. Tampilan, tekstur, dan rasa kue ini sangat mirip dengan kue apem khas Betawi. Perbedaannya mungkin terletak pada warna hijau yang sering dihadirkan dalam kue apem Thailand, dan tidak disajikan dengan parutan kelapa seperti versi Indonesia.

 

3. Hak Muk - Pisang Epe

 

Mirip dengan pisang epe di Makassar, Thailand memiliki versinya yang disebut Hak Muk. Pisang bakar yang digepengkan sebelum disajikan ini, di Thailand diberi siraman kuah karamel kuning, memberikan pengalaman rasa yang unik dan sedikit berbeda dari pisang epe Indonesia.

 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Negeri Jiran Malaysia yang Harus Kamu Coba

 

4. Khao Pad - Nasi Goreng

 

Khao pad adalah sebutan untuk nasi goreng Thailand yang memiliki kemiripan cita rasa dengan nasi goreng Indonesia. Namun, Thailand memiliki versi menariknya, yaitu tom yum khao pad alias nasi goreng tom yum. Cita rasa manis-pedas dengan sentuhan asam bak tom yum membuatnya menjadi sajian nasi goreng yang unik dan menggoda.

 

5. Pad Thai - Kwetiau Goreng

 

Tampilan pad thai mirip sekali dengan kwetiau goreng di Indonesia. Namun, ciri khas pad thai terletak pada penggunaan udang kecil kering yang menambah rasa gurih. Disajikan dengan cacahan kacang goreng, cabai bubuk, dan kucai, pad thai memberikan pengalaman kuliner yang akrab namun dengan sentuhan khas Thailand.

 

Baca Juga: 10 Makanan Hawaii yang Wajib Kalian Coba saat Liburan

 

Dengan eksplorasi 5 kuliner Thailand yang mirip dengan makanan Indonesia, kita dapat merasakan keanekaragaman cita rasa dan kemiripan antara dua budaya kuliner yang berbeda. Bagi para pecinta kuliner, artikel ini bisa menjadi panduan untuk mengeksplorasi dan menikmati kemiripan kuliner Thailand dan Indonesia. Jadi, mana yang menjadi favoritmu?









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp