4 Kebiasaan Makan Masyarakat Timur Tengah yang Mirip Orang Indonesia

By. Dewi Savitri - 23 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com- Pendahuluan: Kuliner Timur Tengah kini meroket kepopulerannya, terutama menjelang bulan suci Ramadhan. Menu-menu khas seperti kabsa, tajine, falafel, dan samosa telah menjadi favorit di banyak restoran. Selain kekayaan cita rasa, cara orang Timur Tengah menyantap makanan pun memikat banyak orang. Dikutip dari Kompas.com, Cluster Executive Chef dari Manhattan Hotel Jakarta, Fiesta R Saputra, membagikan bahwa tradisi makan bersama keluarga dengan menggunakan tangan menjadi ciri khas tersendiri. Di samping itu, ada kebiasaan khas saat bulan Ramadhan yang tetap dijunjung tinggi.

 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Negeri Jiran Malaysia yang Harus Kamu Coba

 

1. Bersama Keluarga dan Makanan Tradisional

 

Orang Timur Tengah memiliki tradisi makan bersama keluarga dengan menggunakan tangan. Chef Fiesta mengungkapkan bahwa secara tradisional, makanan sering disajikan di lantai dan disantap bersama-sama. Makanan yang dimakan dengan tangan seperti ini menciptakan ikatan emosional yang kuat antaranggota keluarga. Kebiasaan ini mirip dengan tradisi makan di Indonesia, di mana keluarga sering berkumpul di meja makan.

 

2. Kebiasaan Makan Saat Bulan Ramadhan

 

Saat bulan Ramadhan tiba, orang Timur Tengah tetap mempertahankan kebiasaan makan khas. Chef Fiesta menyampaikan bahwa buka puasa diawali dengan makanan pembuka atau takjil. Minuman pertama yang mereka nikmati adalah air kurma, memberikan rasa segar setelah seharian berpuasa. Kesamaan ini bisa dirasakan oleh orang Indonesia yang juga melestarikan tradisi minum air kurma sebagai pembuka berbuka puasa.

 

Baca Juga: 9 Makanan Khas Jepang Selain Shusi yang Wajib Kamu Coba

 

3. Cita Rasa Beragam dari Timur Tengah

 

Meski masakan Timur Tengah terkadang terkesan serupa, namun setiap negara memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Chef Fiesta menyoroti perbedaan rasa antara masakan Maroko yang kaya rempah saffron, masakan di Arab Saudi, Irak, dan Iran yang mirip dengan masakan Asia, hingga sentuhan masakan Mesir yang mirip dengan cita rasa Perancis dan Italia. Keberagaman cita rasa ini mencerminkan kekayaan budaya kuliner di kawasan Timur Tengah.

 

4. Popularitas Masakan dari Beberapa Negara

 

Chef Fiesta menekankan bahwa beberapa negara seperti Maroko, Mesir, dan Arab Saudi menjadi populer dalam dunia kuliner Timur Tengah. Di Arab Saudi, misalnya, kabsa menjadi menu harian yang sangat dikenal. Selain itu, falafel dari Mesir juga menarik perhatian dengan rasa gurih dan renyahnya. Baik kabsa maupun falafel, keduanya mencerminkan kekayaan ragam kuliner di Timur Tengah.

 

Baca Juga: 10 Makanan Hawaii yang Wajib Kalian Coba saat Liburan

 

Jelajahi kekayaan kuliner dan tradisi makan orang Timur Tengah yang serupa dengan kebiasaan makan di Indonesia. Kecintaan pada keluarga dan kuliner bersama menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka. Sambutlah keberagaman cita rasa dan tradisi makan yang menghangatkan hati, menciptakan pengalaman kuliner yang tiada duanya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp