Sebelum Bekerja, Ucapkan Do’a Ini

By. Ibnu Fikri Ghozali - 29 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Allah SWT telah menjanjikan rezeki bagi setiap makhluk-Nya, namun sebagai hamba yang beriman, kita diajarkan untuk senantiasa berusaha dan berdoa. Doa menjadi kunci keberhasilan dan perlindungan dalam setiap langkah kehidupan, termasuk saat hendak memulai aktivitas bekerja. Dalam Al-Qur'an, Allah menyatakan bahwa setiap makhluk di bumi mendapatkan rezeki dari-Nya:

 

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini ! Agar Kamu Dihindarkan dari Hisab Neraka

 

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)." (Q.S. Hud: 6)

 

Meskipun Allah telah menjamin rezeki, berdoa sebelum bekerja adalah tanda kepatuhan dan ketergantungan kita kepada-Nya. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca sebelum memulai aktivitas bekerja:

 

Doa Sebelum Bekerja:

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ، اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا

 

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau jadikan mudah, dan Engkau dapat menjadikan yang sulit menjadi mudah jika Engkau kehendaki."

 

Doa agar Diberikan Kelancaran dalam Bekerja:

 

اَللَّهُمَّ آتِنِي بَرَكَةً فِي عَمَلِي وَأَرِزْقْنِي رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا

 

Artinya: "Ya Allah, berikanlah berkah pada pekerjaanku ini dan berilah rezeki yang halal dan baik bagiku."

 

Baca juga: Tinggalkan Su'udzon ! Ini Dampaknya

 

Doa Memohon Kecerdasan dan Hikmah:

 

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَارْزُقْنِي حِكْمَةً وَعِلْمًا وَارْزُقْنِي حَلَمًا وَطُولَ عُمُرٍ مُّبَارَكًا

 

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu, dan berilah aku hikmah, ilmu, kesabaran, dan panjang umur yang penuh berkah."

 

Doa agar Terhindar dari Kesalahan:

 

اللَّهُمَّ لَا تُؤَاخِذْنِي بِمَا يَقُولُونَ وَاغْفِرْ لِي مَا لَا يَعْلَمُونَ وَاجْعَلْنِي خَيْرًا مِّمَّا يَظُنُّونَ

 

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau hukum aku atas apa yang mereka ucapkan, ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui, dan jadikanlah aku lebih baik dari pada perkiraan mereka."

 

Doa Memohon Kebaikan dan Perlindungan:

 

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

 

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat membutuhkan segala kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku."

 

Baca juga: Ingin Hidupmu Berkah, Bahagiakan Orang Lain !

 

Dengan membaca doa-doa ini sebelum bekerja, seorang Muslim berusaha untuk memohon perlindungan, kelancaran, dan keberkahan dari Allah SWT. Seiring dengan usaha maksimal yang dilakukan, doa menjadi senjata ampuh yang menjaga dan membimbing setiap langkah yang diambil. Keberhasilan yang dicapai dengan berkah-Nya akan memberikan kepuasan dan ketenangan batin dalam menjalani kehidupan sehari-hari.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp