Bacaan Doa Kamilin Lengkap

By. Ibnu Fikri Ghozali - 29 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Doa Kamilin adalah doa yang sering dipanjatkan oleh umat Islam, khususnya setelah melaksanakan salat Tarawih pada bulan Ramadhan. Doa ini memiliki makna mendalam yang mencakup permohonan kesempurnaan iman, perlindungan dari perbuatan dosa, serta harapan untuk mendapatkan ridha dan keberkahan Allah SWT.

 

Baca juga: Menghitung Mundur Menuju Bulan Puasa Ramadhan 2024

 

Doa Kamilin berasal dari tradisi umat Islam yang digunakan sebagai wujud syukur dan permohonan dalam mendekati bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan memiliki makna istimewa dalam Islam, sebagai bulan di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Doa Kamilin menjadi sarana untuk memperkuat iman dan mendekatkan diri kepada Allah dalam menyongsong bulan yang penuh berkah ini.

 

Doa Kamilin biasanya dibaca seusai melaksanakan salat Tarawih, yang merupakan salat sunnah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Tradisi ini dilakukan untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Berikut adalah teks lengkap dari Doa Kamilin:


 

 اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ، وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ، وَلِلصَّلَاةِ حَافِظِيْنَ، وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ، وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ، وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ، وَفِي الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ، وَفِي الْاٰخِرَةِ رَاغِبِيْنَ، وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ، وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ، وَعَلَى الْبَلَاءِ صَابِرِيْنَ، وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ، وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْن، وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ، وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ، بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْنٍ مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيقًا، ذٰلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا فِي هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ، وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِه وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

 

Baca juga: Sebelum Bekerja, Ucapkan Do’a Ini

 

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

 

Isi Kandungan Doa Kamilin

  1. Kesempurnaan Iman: Doa ini mencerminkan keinginan untuk mencapai kesempurnaan iman. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, iman yang sempurna terkait erat dengan akhlak yang baik.

  2. Menunaikan Segala Kewajiban: Doa Kamilin juga mengandung harapan agar kita dapat menunaikan segala kewajiban, baik yang berkaitan dengan ibadah, zakat, maupun aspek lainnya.

  3. Salat yang Terpelihara: Doa ini juga berisi harapan agar salat yang dilaksanakan dapat terpelihara, lurus, dan khusyu, sehingga dapat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.

  4. Ikhlas Mencari Ridha Allah SWT: Doa Kamilin menekankan pentingnya ikhlas dalam menjalani ibadah, dimana semua amal perbuatan diharapkan semata-mata karena mengharapkan ridha Allah SWT.

 

Baca juga: Tinggalkan Su'udzon ! Ini Dampaknya

 

Doa Kamilin bukan hanya sekadar rangkaian kata, tetapi juga merupakan ungkapan tulus hati dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dengan melafalkan doa ini dengan penuh keikhlasan, umat Islam berharap mendapatkan berkah dan rahmat Allah SWT di dunia maupun akhirat. Semoga doa ini senantiasa menjadi bagian yang menyertai setiap langkah umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp