Kamu Harus Tau! Beginilah Cara Mengqadha Puasa Ramdhan

By. Syada - 08 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim yang sehat dan mampu. Namun, tidak semua individu dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan lancar karena berbagai alasan seperti sakit, haid, atau dalam perjalanan. Allah yang Maha Pemurah telah memberikan keringanan bagi hamba-Nya dengan mengizinkan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan dan menggantinya di waktu yang lain, yang dikenal sebagai qadha puasa. Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam mengenai cara membayar hutang puasa Ramadhan atau yang lebih dikenal sebagai mengqadha puasa.

 

Baca Juga: Gapai Ridho Allah dengan Cara Sederhana "Gus Baha"

1. Niat Qadha Puasa Ramadhan

Sebelum memulai mengqadha puasa, sangat penting bagi seorang Muslim untuk mengetahui niat. Niat qadha puasa Ramadhan sebagai berikut;

"Nawaitu shauma ghadin’an qadaa’i fardhi syahri ramadhani lillahita’ala."

Artinya, "Saya berniat mengganti puasa bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala."

 

2. Dasar Hukum Mengqadha Puasa

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Baqarah: 185; "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur."

 

Hukum mengqadha puasa Ramadhan adalah wajib, sebagaimana yang dinyatakan dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 185, yang menjelaskan bahwa Allah mengizinkan untuk mengganti hari-hari puasa yang terlewat karena alasan tertentu di luar kemampuan seseorang. Oleh karena itu, melaksanakan qadha puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim yang memiliki hutang puasa Ramadhan.

 

Baca Juga: Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Lengkap Beserta Kisahnya

3. Tertib dalam Melakukan Qadha Puasa

Saat mengqadha puasa, penting untuk menjaga keteraturan dalam melaksanakannya. Sebaiknya, qadha puasa diganti secara berurutan, sebanyak jumlah puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Namun, jika ada alasan tertentu yang membuat seseorang tidak dapat mengqadha puasa secara berurutan, seperti pekerjaan atau kewajiban lainnya, tidak ada larangan untuk melakukannya secara tidak berurutan. Yang terpenting adalah memastikan bahwa seluruh puasa yang terlewat tersebut telah diganti sebelum kedatangan bulan Ramadhan berikutnya.

 

Sebagai langkah yang membantu dalam menjalankan kewajiban qadha puasa, disarankan untuk mencatat dengan baik jumlah hari puasa yang terlewat. Hal ini membantu agar tidak ada hari puasa yang terlewat tanpa diganti, serta memastikan bahwa seluruh hutang puasa tersebut dapat dilunasi dengan baik.

 

Allah dalam kebijaksanaan-Nya telah memperhatikan kesulitan dan memberikan kemudahan bagi hamba-Nya dalam menjalankan ibadah. Oleh karena itu, dalam menjalankan qadha puasa, kita diingatkan untuk tidak hanya melihat aturan secara kaku, tetapi juga memperhatikan kondisi dan kemampuan individu. Selama menggantinya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, Allah akan menerima amal ibadah kita.

 

Dengan demikian, mengqadha puasa Ramadhan merupakan suatu bentuk ketaatan kepada Allah dan upaya untuk memperbaiki diri. Dengan menjaga kualitas dan kesungguhan dalam menjalankan qadha puasa, kita dapat meraih keberkahan dan keampunan dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan panduan dalam melaksanakan kewajiban mengqadha puasa Ramadhan. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Aamiin.

 

Baca Juga: Beginilah Hukum Mentalqin Mayit









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp