Anjuran Meminta Do'a Kepada Orang Yang Pulang Berhaji

By. Miftahul Jannah - 13 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Meminta doa kepada orang yang baru saja pulang dari ibadah haji adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Permohonan doa kepada mereka yang telah menunaikan haji merupakan wujud penghargaan terhadap keberkahan yang mereka bawa dari tanah suci.

 

Baca Juga : 5 Pengalaman Emosional Jemaah Selama Umrah

 

1. Keutamaan Orang yang Pulang Haji

 

Orang yang telah menunaikan ibadah haji diangkat derajatnya di sisi Allah SWT. Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau bersabda, 


 عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

 

Artinya :Siapa saja yang berhaji, lalu tidak berkata keji dan tidak berbuat dosa, niscaya ia pulang (suci) seperti hari dilahirkan oleh ibunya (HR Bukhari, Muslim, An-Nasai, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

 

Selain itu, dalam riwayat Bukhari, Rasulullah SAW menyebut surga sebagai balasan bagi jamaah haji mabrur dari Allah SWT.


الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

 

Artinya: "Tidak ada balasan (yang layak) bagi jamaah haji mabrur selain surga," (HR Bukhari).
 

2. Kemungkinan Doa Dikabulkan

 

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa doa seseorang yang pulang dari berhaji memiliki keutamaan yang besar. Do'a orang yang pulang dari tanah suci akan cepat dikabulkan sebagaimana yang diriwayatkan dari sahabat Abu Musa Al-Asy’ari ra dari Rasulullah:

 


عَن أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ، رَفَعَهُ إِلَى رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، قَالَ الْحَاجُّ يَشْفَعُ فِي أَرْبَعِ مِائَةِ أَهْلِ بَيْتٍ، أَوْ قَالَ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ، وَيَخْرُجُ مِنْ ذُنُوبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ 

 

Baca Juga : Pedoman Penggunaan Pakaian bagi Wanita yang Menunaikan Ibadah Umrah

 

Artinya : Orang yang berhaji dapat memberikan syafaat kepada 400 orang keluarga atau keluarganya dan ia akan keluar dari dosanya seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya (HR Al-Bazzar).

 

Hadits lain disebutkan bahwa mereka yang dipanggil oleh Allah dan memenuhi panggilannya, maka Allah akan mengabulkan permintaannya sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:  


 الْغَازِي فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ، وَفْدُ اللهِ، دَعَاهُمْ، فَأَجَابُوهُ، وَسَأَلُوهُ، فَأَعْطَاهُمْ 


Artinya : Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang beribadah haji, dan orang yang sedang umrah adalah tamu kehormatan Allah. Allah memanggil mereka, kemudian mereka memenuhi panggilan itu. Sehingga jika mereka memohon kepada Allah, maka Allah akan memberinya (HR Ibnu Majah).

 

Sejalan dengan Hadits-hadits tersebut, Orang yang tidak berhaji disunahkan untuk minta didoakan agar dosanya diampuni. Menurut Syihabuddin al-Qalyubi , para ulama menyebutkan bahwa waktu untuk meminta do'a sampai empat puluh hari yang dihitung sejak kedatangan orang yang berhaji tersebut ke tanah air.


وَيُنْدَبُ لِلْحَاجِّ الدُّعَاءُ لِغَيْرِهِ بِالْمَغْفِرَةِ وَإِنْ لَمْ يَسْأَلْ وَلِغَيْرِهِ سُؤَالُ الدُّعَاءِ مِنْهُ بِهَا وَذَكَرُوا أَنَّهُ أَيْ الدُّعَاءَ يَمْتَدُّ أَرْبَعِينَ يَوْمًا مِنْ قُدُومِهِ 


Artinya : Dan disunahkan bagi orang yang berhaji untuk mendoakan orang (yang tidak berhaji) dengan ampunan meskipun orang tersebut tidak meminta. Dan bagi orang yang tidak berhaji hendaknya minta didoakan olehnya. Para ulama menyebutkan bahwa doa tersebut berlaku hingga empat puluh hari sejak kedatangannya. (Syihabuddin al-Qaliyubi, Hasyiyah Qaliyubi ‘ala Syarhi Jalaluddin al-Mahali, Bairut-Dar al-Fikr, 1419 H/1998 M, juz, II, hlm. 190).

 

3. Perintah Rasulullah SAW

 

Dalam satu hadits diriwayatkan:

 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا لَقِيتَ الْحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَصَافِحْهُ وَمُرْهُ أَنْ يَسْتَغْفِرَ لَكَ قَبْلَ أَنْ يَدْخُلَ بَيْتَهُ فَإِنَّهُ مَغْفُورٌ لَهُ


Artinya, “Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: ‘Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika kamu menjumpai orang yang baru berpulang dari haji maka berilah salam kepadanya, dan jabatlah tangannya, serta mintalah kepadanya untuk memohonkan ampun buatmu sebelum ia memasuki rumahnya, sebab ia telah diampuni dosa-dosanya.’” (HR Imam Ahmad).

 

Baca Juga : Macam-macam Gate di Pintu Masjid Nabawi

 

Meminta doa kepada orang yang pulang haji adalah salah satu cara untuk memohon keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Ini juga merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap keistimewaan dan pengalaman spiritual yang telah mereka jalani. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk meminta doa kepada para jemaah haji dan mengambil manfaat dari keberkahan yang mereka bawa dari tanah suci. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai dan menerima doa-doa kita semua.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp