Rahasia Sholat Istikhoroh Supaya Dipilihkan Pilihan Yang Tepat

By. Syada - 15 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sholat istikhoroh adalah doa memohon petunjuk kepada Allah SWT untuk menentukan pilihan terbaik dalam suatu keputusan yang sulit. Istikhoroh berasal dari kata ‘khayr’ yang berarti kebaikan. Dengan demikian, sholat istikhoroh memohon agar Allah memberikan kebaikan dan petunjuk yang terbaik dalam setiap keputusan yang diambil.

 

Baca Juga: Keutamaan Shalat Tarawih Malam 1-30 dalam Kitab Durratun Nasihin

Cara Melakukan Sholat Istikhoroh

  1. Niat; Ushollii sunnatal istikharati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
     
  2. Menunaikan sholat dua rakaat: Sholat istikhoroh dilakukan dengan cara yang sama seperti sholat sunah pada umumnya, dengan menunaikan dua rakaat. Disunahkan rokaat pertama setelah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Kafirun dan di rokaat kedua setelah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas.
  3. Doa Istikhoroh: Setelah selesai sholat, bacalah doa istikhoroh sebagai berikut: "Allahumma inni astakhiruka bi 'ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta'lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii 'aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta'lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii (fii 'aajili amri wa aajilih) fash-rifnii 'anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih."
     

Baca Juga: Keutamaan Shalat Tarawih Malam 1-30 dalam Kitab Durratun Nasihin

Menginterpretasi Jawaban dari Allah

Jawaban dari Allah SWT atas sholat istikhoroh bisa datang dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Mimpi: Salah satu bentuk jawaban dari Allah adalah melalui mimpi. Jika setelah sholat istikhoroh Anda bermimpi tentang pilihan yang Anda pertimbangkan, itu bisa menjadi tanda atau petunjuk dari Allah.
  • Firasat: Allah SWT juga bisa memberikan petunjuk melalui firasat yang timbul dalam hati Anda setelah sholat istikhoroh. Perasaan yang timbul bisa menjadi indikasi pilihan yang terbaik.
  • Kejadian yang mengungkapkan kebenaran: Terkadang, Allah SWT memberikan jawaban melalui kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitar Anda. Hal ini bisa menjadi tanda dari-Nya untuk memilih suatu pilihan.

 

Kapan Melakukan Sholat Istikhoroh?

Sholat istikhoroh sebaiknya dilakukan ketika kita dihadapkan pada pilihan yang sulit dan semua pilihan tersebut dianggap baik. Namun, jika pilihan tersebut mengandung unsur yang jelas tidak baik, maka sebaiknya tidak perlu melakukan sholat istikhoroh.

 

Baca Juga: Sholat Tasbih: Tata Cara, Bacaan, Waktu, dan Keutamaannya

Sholat istikhoroh merupakan sarana yang diberikan Allah SWT kepada umat Muslim untuk mendapatkan petunjuk-Nya dalam menentukan pilihan terbaik dalam hidup. Dengan melakukan sholat istikhoroh dengan niat yang tulus dan hati yang yakin, kita memperoleh kekuatan dan keyakinan bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi kita. Dalam menjalani hidup, marilah kita selalu menghadapkan setiap pilihan kepada-Nya, karena hanya Dia-lah yang Maha Mengetahui segala yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp