Mengenal Masjid Bir Ali: Tempat Miqat Jemaah Haji dari Madinah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 18 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masjid Bir Ali atau dikenal juga sebagai Masjid Miqat Dzul Hulaifah merupakan salah satu tempat miqat bagi jemaah haji yang berasal dari Madinah atau melaluinya. Terletak di tepi jalan raya Madinah Makkah, tepatnya di Distrik Dzulhulaifah, masjid ini memiliki sejarah yang kaya dan arsitektur yang unik.

 

Baca juga: Kisah Bisyr bin Al-Harits Al-Hafi Tentang Pelaksanaan Haji Berulang Kali

 

Masjid ini dinamakan "Bir Ali" karena dikaitkan dengan kisah Ali bin Abi Thalib yang konon membuat banyak sumur (bir) di tempat tersebut. Namun, sumur-sumur tersebut kini telah tertutup oleh bangunan-bangunan di sekitar masjid dan bangunan masjid itu sendiri.

 

Pada masa Rasulullah SAW, tempat ini dulunya merupakan lokasi sebuah pohon jenis akasia yang menjadi tempat beliau berteduh saat miqat untuk menunaikan ibadah umrah. Masjid ini kemudian dibangun pada masa Umar bin Abdul Aziz, pada tahun 87-93 H.

 

Masjid Bir Ali mengalami renovasi pada masa dinasti Abbasiyah dan dinasti Utsmaniyah. Pada masa kekuasaan Raja Fahd bin Abdul Aziz, terjadi renovasi besar yang meliputi perluasan dan peningkatan fasilitas masjid. Kini, masjid ini telah diperluas beberapa kali lipat dan memiliki fasilitas yang memadai untuk menampung jemaah haji dan umrah.

 

Baca juga: Jumrah Aqobah Dimaknai Untuk Menyingkirkan Sifat Fir’aun Pada Jemaah Haji dan Umrah

 

Masjid Bir Ali memiliki bangunan utama yang berbentuk segi empat menyerupai sebuah benteng pertahanan. Di sekelilingnya terdapat koridor panjang yang dihiasi dengan arcade berwarna kemerah-merahan di bagian dalam dan warna krem di bagian luar. Bangunan utama masjid dikelilingi oleh area terbuka dan taman hijau yang teduh.

 

Arsitektur bangunan fasilitas pendukung masjid ini juga menarik, dengan ratusan unit toilet, kamar mandi, tempat wudhu, kios-kios pedagang, klinik kesehatan, loker penitipan barang, kantor pengelola, kantor petugas keamanan, dan fasilitas lainnya.

 

Masjid Bir Ali tidak hanya menjadi tempat miqat bagi jemaah haji dari Madinah, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang penting dalam Islam. Dengan arsitektur yang unik dan fasilitas yang lengkap, masjid ini menjadi tempat yang penting bagi para jemaah yang akan menunaikan ibadah haji dan umrah. Semoga dengan mengetahui sejarah dan keunikan Masjid Bir Ali ini, kita semakin menghargai dan memahami nilai-nilai Islam yang tercermin dalam tempat-tempat suci seperti masjid ini.

 

Baca juga: Jumrah Wustha Dimaknai Untuk Menghapus Sifat Bal'am Pada Jemaah Haji dan Umrah









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp