Inilah 4 Kesalahan Umum dalam Pelaksanaan Thawaf

By. Miftahul Jannah - 28 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Thawaf merupakan salah satu ritual penting dalam ibadah haji dan umrah yang dilakukan di dengan memutar sekeliling Ka'bah. Namun, dalam pelaksanaannya, seringkali terjadi kesalahan yang dapat mengganggu kesempurnaan ibadah. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam thawaf:

 

Baca Juga : Hal yang Harus Diketahui saat Berihram

 

 1. Do’a yang Dilafalkan Ketika Thawaf

 

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah membaca doa khusus yang berbeda-beda pada setiap putaran thawaf dan melakukannya secara berjamaah dipimpin oleh seorang pemandu. Hal ini merupakan amalan yang tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

 

 2. Tempat Pelaksanaan Thawaf yang Salah

 

Kesalahan lain adalah melakukan thawaf di dalam Hijir Isma’il, yang sebenarnya berada dalam lingkup Ka'bah. Thawaf seharusnya dilakukan di luar Ka'bah, sehingga melakukan thawaf di dalam Hiijr Isma’il adalah kesalahan yang perlu dihindari.

 

 3. Melakukan Thawaf dengan Perilaku Buruk

 

Baca Juga : Beberapa Kesalahan Yang Paling Banyak Dilakukan Jemaah Haji Ketika Ihram

 

Seringkali terjadi perilaku buruk seperti saling mendorong dan desak-desakan ketika mencium Hajar Aswad. Padahal, menyium Hajar Aswad adalah sunnah dan bukan syarat sahnya thawaf. Begitu pula dengan berdesak-desakan untuk shalat di belakang makam Ibrahim setelah thawaf. Pelaksanaan shalat dapat dilakukan di mana saja di Masjidil Haram tanpa perlu berdesak-desakan. Hal ini juga berlaku untuk jamaah perempuan yang berdesak-desakan dengan jamaah laki-laki untuk mencium Hajar Aswad. Perilaku ini dapat menimbulkan kerusakan dan fitnah yang seharusnya dihindari dalam pelaksanaan thawaf.

 

 4. Berlebihan dalam Melaksanakan Thawaf

 

Kesalahan lainnya adalah berlebihan dalam melaksanakan thawaf dengan mencium setiap pojok atau rukun Ka'bah. Padahal, yang diperintahkan untuk dicium atau disentuh hanyalah Hajar Aswad dan Rukun Yamani. Melakukan hal lain di luar itu dapat dianggap sebagai bentuk bid’ah atau kesalahan dalam pelaksanaan thawaf.

 

 Baca Juga : Ikutilah Manasik Haji agar Ibadah Haji menjadi Lebih Sempurna

 

Thawaf adalah salah satu ritual ibadah yang sangat penting dalam ibadah haji dan umrah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melaksanakannya dengan benar dan menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mengganggu kesempurnaan ibadah. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, diharapkan pelaksanaan thawaf dapat menjadi lebih baik dan diterima di sisi Allah SWT. Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan untuk melaksanakan ibadah dengan sempurna dan mendapatkan ridha-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp