Inilah Keistimewaan Haji Akbar, 1 Kali Haji Lebih Utama Dari 70x Haji

By. Miftahul Jannah - 03 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Dalam agama Islam, haji merupakan salah satu ibadah utama yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental. Haji adalah perjalanan rohani yang penuh makna, di mana jamaah menunaikan serangkaian ritual di Tanah Suci Makkah. Di antara berbagai istilah dan konsep yang terkait dengan haji, ada satu istilah yang menonjol, yaitu "Haji Akbar". Istilah ini mencerminkan keistimewaan dan keagungan dalam ibadah haji yang dilaksanakan pada tahun-tahun tertentu.

 

Baca Juga : Mengenal Ketentuan Ibadah Haji Bagi Perempuan, Untuk Kemudahan Ibadah Haji

 

Haji Akbar merujuk pada haji yang dilaksanakan pada tahun-tahun tertentu yang memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Istilah "Akbar" dalam bahasa Arab berarti "besar", yang menunjukkan bahwa pelaksanaan haji pada tahun-tahun tersebut memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan haji-haji pada tahun-tahun biasa. Namun, makna kebesaran haji Akbar bukan hanya sekadar terletak pada penamaannya, melainkan pada kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan Allah SWT yang lebih besar terlebih banyak yang menjelaskan bahwa haji akbar adalah haji yang wukufnya dilakukan pada hari jumat. Jika dibahas, ternyata terdapat keistimewaan yang disebutkan pada hadits tentang keistimewaan haji akbar

 

1. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT

 

وَقَال الشَّافِعِيَّةُ : وَقِيل : إِذَا وَافَقَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمَ عَرَفَةَ غَفَرَ اللَّهُ تَعَالَى لِكُل أَهْل الْمَوْقِفِ ، أَيْ بِلاَ وَاسِطَةٍ ، وَغَيْرُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ بِوَاسِطَةٍ ، أَيْ يَهَبُ مُسِيئَهُمْ لِمُحْسِنِهِمْ

 

Artinya: Ulama kalangan Syafiiyyah mengatakan: dikatakan, jika hari Arafah jatuh pada hari Jumat, maka seluruh yang berkumpul di padang Arafah akan langsung mendapat ampunan dari Allah tanpa perantara, dan bila (wukuf) di selain hari Jumat, maka ampunannya melalui perantara. Artinya Allah memberikan ampunan orang yang berdosa (yang wukuf) karena adanya orang baik (yang wukuf).
 

2. Lebih utama dari 70x melakukan haji

 

قَال الْحَنَفِيَّةُ : لِوَقْفَةِ الْجُمُعَةِ مَزِيَّةُ سَبْعِينَ حِجَّةً ، وَيُغْفَرُ فِيهَا لِكُل فَرْدٍ بِلاَ وَاسِطَةٍ ، وَقَالُوا : أَفْضَل الأْيَّامِ يَوْمُ عَرَفَةَ إِذَا وَافَقَ يَوْمَ جُمُعَةٍ  وَهُوَ أَفْضَل مِنْ سَبْعِينَ حِجَّةً فِي غَيْرِ جُمُعَةٍ

 

Baca Juga : Siapkan Beberapa Dokumen Penting Untuk Dibawa Berhaji Agar pelaksanaan Ibadah Tidak Terhambat

 

Artinya: Kalangan Hanafiyyah menilai wukuf di Arafah bertepatan dengan hari Jumat memiliki keistimewaan 70  haji, dan diampuni setiap individu yang berkumpul disana tanpa perantara. Mereka berkata, hari paling mulia adalah hari arafah yang bertepatan dengan hari Jumat, ini lebih utama daripada 70  haji di hari selain Jumat.

 

3. Amal ibadah menjadi sangat mulia

 

Amal ibadah dapat menjadi sangat mulia, sebab kemuliaan pada waktu dan tempatnya. Sedangkan hari Jumat adalah hari paling mulia dalam seminggu.

 

4. Dikabulkannya do’a yang diinginkan

 

Di hari jumat terdapat satu waktu yang jika umat muslim berdo’a dan bertepatan dengan waktu tersebut, maka do’anya akan dikabulkan karena hal ini tidak dimiliki oleh hari-hari lainnya, waktu tersebut adalah mulai duduknya khatib di atas mimbar hingga akhir shalat jum’at.

 

5. Wukufnya Baginda Nabi Muhammad SAW

 

Haji akbar dianggap menyamai wukufnya baginda Nabi, karena wukuf beliau saat Haji Wada’ (perpisahan) itu di hari Jumat dan tentunya Allah pilihkan untuk Nabi pada hari yang paling utama. Dengan demikian, beruntunglah mereka yang menunaikan ibadah wukuf bertepatan dengan hari Jumat, sebab pertemuan kedua ibadah mulia tersebut merupakan waktu yang istimewa dari Allah untuk umat Islam.

 

Baca Juga : Pahami Rute Perjalanan Bus Shalawat Agar Tidak Nyasar Ketika Berpergian Haji

 

Dalam Islam, Haji Akbar adalah momen istimewa di mana umat Muslim memiliki kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan Allah SWT yang lebih besar. Ia bukan hanya sekadar perjalanan fisik, melainkan juga perjalanan spiritual yang mendalam. Melalui ibadah haji, jamaah dapat membersihkan diri dari dosa-dosa mereka, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mencapai kesempurnaan spiritual serta kedamaian batin yang diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk memahami dan menghargai keistimewaan Haji Akbar dalam tradisi Islam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp