Indahnya Ka’bah, Hanya Memandangi Sudah Mendapatkan Pahala dan 20 Rahmat

By. Miftahul Jannah - 04 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bagi umat Islam, Ka'bah adalah salah satu tempat suci yang paling berharga di dunia. Melihat Ka'bah bukan hanya sekadar pengalaman fisik, tetapi juga pengalaman spiritual yang mendalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keistimewaan yang jemaah dapatkan ketika memandangi Ka'bah.

 

Baca Juga : Mengapa Ka’bah berbentuk Kubus?

 

قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

 

Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

 

Ayat tersebut dikuatkan oleh Rasulullah SAW didalam hadis riwayat Ibn Jauzi yang dijelaskan bahwa diantara keutamaan melihat ka’bah yakni hanya memandangnya saja sudah terhitung mendapatkan pahala dan menjadi ibadah.

 

Lebih lanjut Imam As Suyuthi menuliskan dalam kitabnya Jami’ul Ahadis sebuah hadis tentang keutamaan memandang ka’bah yaitu

 

Baca Juga : Ka'bah Diberi Parfum 10 Kali Sehari? Ini Dia Fakta Ka'bah yang Jarang Diketahui

 

 إن الله ينزل على أهل هذا المسجد مسجد مكة في كل يوم وليلة عشرين ومائة رحمة ستين للطائفين وأربعين للمصلين وعشرين للناظرين (الحاكم في الكني، والطبراني، وابن عساكر عن ابن عباس)

 

“Sesungguhnya Allah setiap hari dan malam menurunkan seratus dua puluh rahmat untuk Baitullah ini, enam puluh untuk orang-orang yang Thawaf, empat puluh untuk orang yang sholat dan dua puluh untuk orang yang memandang Ka’bah.” (HR. Al Hakim, At Tabrani, Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas)

 

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa hanya dengan melihat ka'bah, seseorang akan mendapatkan 20 pahala, apalagi jika lebih dari memandang seperti shalat dan thawaf di depan ka'bah. 

 

Selain mendapatkan pahala atas memandangi ka’bah, setiap doa yang diucapkan di depan ka’bah diyakini akan terkabul karena ka’bah merupakan bangunan mulia yang sangat mustajab. Sebagaimana dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi dari Ibnu Abbas menyatakan, ”Antara Rukun Aswad (sudut tempat terdapatnya Hajar Aswad) dan pintu Ka’bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang minta sesuatu di Multazam melainkan Allah mengabulkan permintaan itu.”

 

Baca Juga : Doa Ketika Melihat Ka'bah

 

Itulah pahala melihat ka'bah berdasarkan ayat dan hadits Rasulullah SAW. Melihat Ka'bah bukan hanya sekadar pengalaman fisik, tetapi juga pengalaman spiritual yang mendalam. Dengan melihat Ka'bah, seseorang dapat merasakan kehadiran Allah yang kuat, memperbarui komitmen keagamaan, dan memohon ampunan serta berdoa kepada-Nya. Pahala yang besar dan abadi juga menanti mereka yang melihat Ka'bah, membuat pengalaman ini menjadi sebuah investasi spiritual yang sangat berharga. Sehingga, bagi umat Islam, melihat Ka'bah adalah sebuah keistimewaan yang tidak boleh diabaikan dan merupakan momen yang selalu dinanti-nantikan untuk merasakan kehadiran-Nya secara langsung.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp