Sejarah Lebaran Ketupat, Melambangkan Empat Makna Mendalam

By. Walid Iqbal Istiardi - 05 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masyarakat Jawa umumnya mengenal 2 Lebaran. Yakni Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Ketupat. Lebaran Ketupat biasa digelar pada 8 Syawal yakni sepekan setelah Idul Fitri.
Berbeda dengan Idul Fitri yang diperingati pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya, tradisi Lebaran Ketupat digelar setelah menyelesaikan puasa Syawal selama 6 hari.

Pada 2024 ini, menurut Kemenag.go.id tanggal 1 Syawal jatuh pada hari Sabtu, 10 April 2024. Berarti waktu Lebaran Ketupat 2024 ini akan jatuh pada Sabtu, 17 April 2024.

 

Baca Juga : Asal Usul Kata Lebaran yang Perlu Kamu Tahu

 

Lebaran Ketupat biasa dilakukan di suatu tempat seperti masjid atau musala. Warga membawa hidangan ketupat, sayur, dan pelengkapnya yang akan disantap bersama. Beberapa daerah di Jatim menyebutnya 'asahan'.

Mengutip laman NU online, sejarah Lebaran Ketupat diperkenalkan pertama kali oleh Sunan Kalijaga, salah satu Walisongo. Kala itu Sunan Kalijaga memperkenalkan istilah ba'da atau bakda Lebaran dan Bakda Kupat yang artinya sesudah Lebaran atau sesudah Kupat.

Bakda Lebaran adalah prosesi salat Id sejak 1 Syawal dengan berkunjung dan saling silaturahmi. Dalam tradisi ini baik keluar dan sanak saudara saling bermaaf-maafan.

Setelah proses silaturahmi yang juga dikenal unjung-unjung itu, Bakda Kupat diperingati seminggu setelah lebaran. Masyarakat Muslim di Jawa umumnya membuat ketupat untuk dimakan bersama-sama.

Ketupat adalah jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam janur (anyaman daun kelapa). Janur itu dianyam hingga menjadi semacam kantong berbentuk prisma, kemudian dimasak. Setelah itu, ketupat akan diantarkan ke kerabat terdekat atau orang yang lebih tua.

Dalam sejarahnya, Kupatan adalah hasil dari pemikiran para Walisongo dalam menyebarkan dakwah Islam melalui budaya. Umumnya, tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Jawa yang selalu digelar setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri sebagai harapan agar dapat saling memaafkan.

 

Baca Juga : Jadwal Hari Lebaran Pemerintah, NU dan Muhammadiyah



Tujuan dan Makna Lebaran Ketupat

Bagi sebagian orang Lebaran Ketupat dianggap sebagai hari raya untuk mereka yang menjalankan puasa di bulan Syawal. Perayaan itu dianggap sebagai bentuk apresiasi bagi umat Muslim yang telah menjalankan puasa Syawal setelah puasa Ramadhan.

Selain itu, tujuan dari Lebaran Ketupat bisa dimaknai sebagai simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang. Sebagaimana dirangkum dari situs kebudayaan.kemendokbud.go.id, tradisi Lebaran Ketupat dilestarikan di beberapa daerah, salah satunya di Surabaya.

Warga Surabaya merayakan Lebaran Ketupat ini dengan makan ketupat bersama yang diadakan di masjid atau musala. Setiap warga membawa sendiri-sendiri kupat atau ketupat dari rumah kemudian diadakan acara selamatan atau bancakan.

Warga biasanya membeli janur sebagai bungkus ketupat di pasar tradisional di sekitar wilayah Surabaya. Ketupat juga disajikan bersama makanan pendamping. Orang Surabaya mengistilahkan dengan nggawa kanca (membawa teman-temannya) seperti kuah sup, lodeh, kare, juga sambal goreng ati.

 

Baca Juga : Kapolri Imbau Mudik Lebaran 2024 Lebih Awal



Makna Mendalam Lebaran Ketupat

Mengutip dari islami.co, arti kupat bisa dimaknai sebagai "laku papat" yang menjadi simbol dari empat segi dari ketupat. Laku papat adalah empat tindakan yang terdiri dari Lebaran, Luberan, Leburan, Laburan. Berikut ini makna mendalam di balik hidangan ketupat yang disuguhkan saat Lebaran Ketupat.

1. Lebaran yaitu tindakan yang telah selesai, diambil dari kata lebar. Maknanya selesai dalam menjalani ibadah puasa.

2. Luberan atau meluber, yaitu menyimbolkan agar melakukan sedekah dengan ikhlas layaknya air yang berlimpah hingga meluber dari wadahnya. Maka, tradisi membagikan berbagi atau bersedekah di hari raya Idul Fitri menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia.

3. Leburan yakni memiliki makna lebur sebagaimana dalam bahasa Indonesia. Lebur saat Idul Fitri ditandai dengan meleburnya dosa dengan cara saling bermaaf-maafan atau bersilaturahmi.

4. Laburan berasal dari kata kabur yang artinya kapur putih. Maknanya yakni hati seseorang dapat kembali menjadi putih dan suci setelah melakukan ibadah selama bulan puasa Ramadhan.

 

Baca Juga : Tradisi Usai Shalat Ied, Makan Bersama di Mushola



 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp