Amalkan Dzikir Ini, Pahalanya Lebih Besar dari Gunung Uhud

By. Walid Iqbal Istiardi - 05 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Berdzikir menjadi salah satu ibadah yang mengalirkan pahala bagi umat yang melaksanakannya. Rasulullah SAW juga mengajarkan bacaan-bacaan dzikir kepada para sahabatnya, salah satunya dzikir yang punya keutamaan besar dengan berat timbangan yang melebihi Gunung Uhud.
Gunung Uhud merupakan gunung yang terletak di sebelah utara Madinah yang terkenal setelah Perang Uhud pada zaman Rasulullah SAW.

Dilansir detikHikmah dari buku Tapak Sejarah Seputar Mekah-Madinah karya Muslim Nasution, sejumlah riwayat yang menyebutkan tentang keistimewaan Gunung Uhud. Rasulullah SAW bersabda, "Gunung Uhud adalah gunung yang mencintai kita dan kita pun mencintainya." (HR Bukhari, Ahmad, dan Thabrani)

 

Baca Juga :

Amalan-amalan yang Dapat Menambah Pahala Ibadah di Tanah Suci

Memperoleh Keberkahan dengan Doa Setelah Sholat Tahajud



Di riwayat lain, Rasulullah SAW juga menyebut Gunung Uhud merupakan gunung yang berada di surya. "Gunung Uhud adalah salah satu gunung surga." (HR Baihaqi)

Uhud juga bisa diartikan 'satu'. Dinamakan demikian karena Gunung Uhud menyatukan gunung-gunung kecil di sekelilingnya. Gunung Uhud merupakan satu kesatuan dari beberapa gunung (uhud).


Rasulullah SAW juga beberapa kali menyebut Gunung Uhud sebagai perumpamaan beratnya timbangan amal perbuatan. Salah satunya dalam hadis tentang bacaan dzikir yang diajarkan Rasul pada sahabatnya.

Dalam kitab Sunan An-Nasa'i dan Musnad Al-Bazzar, Hadits tersebut juga dinukil Brilly El-Rasheed dalam buku Al-Bait: Misteri Sejarah Ka'bah dan Hilangnya di Akhir Zaman.


Diriwayatkan dari 'Imran bin Husain RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apakah seseorang di antara kalian setiap hari tidak mampu mengamalkan suatu amalan sebesar Gunung Uhud?"

Para sahabat menjawab, "Ya Rasulullah, siapa yang mampu melakukan amalan sebesar Gunung Uhud setiap hari?"

Nabi SAW bersabda, "Kalian semua mampu."

Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana caranya?"

Beliau SAW bersabda, "Ucapan Subhanallah lebih besar (pahalanya) daripada Gunung Uhud, ucapan Laa ilaaha illallah lebih besar daripada Gunung Uhud, ucapan Alhamdulillah lebih besar daripada Gunung Uhud, dan ucapan Allahu Akbar lebih besar daripada Gunung Uhud."

 

Baca Juga : 

Kata-Kata dan Doa yang Diucapkan Setelah Mendapat Musibah dalam Islam

Serba 7 ; 7 (tujuh) Perbuatan Ringan tapi Pahalanya besar



Berikut bacaan dzikir yang beratnya pahalanya melebihi Gunung Uhud

سُبْحَانَ اللَّهِ

Subhanallah

Artinya: "Maha Suci Allah."

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Laa ilaaha illallah

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah."

اَلْحَمْدُلِلَّهِ

Alhamdulillah

Artinya: "Segala puji bagi Allah."

اللَّهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya: "Allah Maha Besar."

 

Baca Juga :

Menelusuri Etika dan Doa Saat Berkunjung ke Masjid Nabawi

Doa Perlindungan dari Api Neraka



Diriwayatkan dalam Hadist Shahih Muslim, keutamaan empat bacaan dzikir berasal dari Samurah ibnu Jundub RA. Ia mengatakan Rasulullah SAW pernah bersabda,

أَحَبُّ الْكَلَامِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَرْبَع: سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إلا الله، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، لَا يَضُرُّكَ بِأَيْهِنَّ بَدَأْتَ

Artinya: "Ucapan yang paling disukai Allah ada empat kalimat, yaitu: 'Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar' (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Tidak membahayakanmu dengan yang mana pun di antaranya kamu memulainya)" (HR Muslim, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi)
 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp