Memperoleh Keberkahan dengan Doa Setelah Sholat Tahajud

By. Ibnu Fikri Ghozali - 04 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Isra ayat 79:

 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا



Arab-Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

 

Baca juga: Sebelum Bekerja, Ucapkan Do’a Ini
 

Hal ini menegaskan pentingnya sholat tahajud sebagai bentuk ibadah tambahan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat malam. Beliau bersabda, "Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, juga sebagai penembus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit pada badan." (HR. Imam Tirmidzi dan Ahmad)

 

Setelah melaksanakan sholat tahajud, muslim dianjurkan untuk berdoa. Doa setelah sholat tahajud menjadi sarana untuk memohon ampunan, memperoleh keberkahan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bacaan doa setelah sholat tahajud dapat menjadi wadah diijabahnya doa oleh Allah SWT.

 

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat tahajud beserta terjemahan:

 

**اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْلِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ"

 

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu. Engkau penegak langit, bumi, dan segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Raja langit, bumi, dan segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Cahaya langit, bumi, dan segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Surga adalah benar. Neraka adalah benar. Para Nabi adalah benar. Nabi Muhammad SAW adalah benar. Hari Kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah. Kepada-Mu aku beriman. Kepada-Mu aku bertawakkal. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku bersengketa. Kepada-Mu aku memutuskan. Maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu, yang akan datang, yang tersembunyi, dan yang aku nyatakan. Engkau Maha Terdahulu dan Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

 

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini ! Agar Kamu Dihindarkan dari Hisab Neraka

 

Doa ini merupakan ungkapan syukur, pengakuan atas kebesaran Allah, dan permohonan ampunan serta petunjuk dalam hidup. Dengan membaca doa ini, diharapkan setiap muslim dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT setelah melaksanakan sholat tahajud. Semoga doa-doa kita senantiasa diijabah oleh Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp