6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Tayamum Selama Perjalanan Ibadah Haji Atau Umrah

By. Miftahul Jannah - 16 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bertayamum merupakan sebuah proses penting dalam ibadah Islam yang menjadi perhatian khusus bagi jemaah haji atau umrah ketika melakukan perjalanan, terutama di dalam pesawat. Dalam situasi di mana air tidak tersedia atau sulit diakses, bertayamum menjadi solusi yang diperbolehkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses ini dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ajaran agama.

 

Baca Juga : Inilah Beberapa Kelebihan Dan Tantangan Rute Umrah Madinah Ke Makkah

 

1. Menyesuaikan dengan Waktu Shalat

 

Bertayamum harus dilakukan setelah memasuki waktu shalat. Ini menegaskan pentingnya keterkaitan antara waktu ibadah dengan kewajiban beribadah.

 

2. Memastikan Ketersediaan Air

 

Jika air tidak tersedia, harus dibuktikan bahwa ini merupakan keadaan yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan air setelah melakukan pencarian yang wajar dan sungguh-sungguh.

 

3. Memilih Tanah atau Debu yang Bersih

 

Tanah atau debu yang digunakan untuk bertayamum haruslah bersih dan lembut. Hal ini berarti tidak boleh basah atau tercampur dengan benda-benda lain seperti tepung, kapur, batu, atau kotoran lainnya.

 

4. Tayamum sebagai Pengganti Wudu dan Mandi Besar

 

Baca Juga : Efisien Waktu Dan Tenaga Dengan Umrah Rute Makkah Ke Madinah

 

Perlu dipahami bahwa tayamum hanya sebagai pengganti wudhu dan mandi besar, bukan untuk menghilangkan najis. Sebelum melakukan tayamum, najis harus dihilangkan terlebih dahulu.

 

5. Tayamum Hanya untuk Satu Kali Salat Fardhu

 

Tayamum hanya berlaku untuk satu kali salat fardhu. Ini berarti jika setelah salat fardhu dilanjutkan dengan salat sunat, salat jenazah, atau membaca Al-Qur'an, cukup dengan satu kali tayamum.

 

6. Langkah-langkah Tayamum

 

Langkah-langkah tayamum berbeda dengan wudu. Tayamum hanya memiliki empat langkah, yaitu:

 

- Niat dalam hati.

 

- Mengusap wajah.

 

- Mengusap kedua tangan.

 

- Melakukannya secara tertib.

 

Baca Juga : Perlengkapan Ibadah Haji yang Wajib Dibawa

 

Dalam konteks perjalanan haji atau umrah di pesawat, di mana akses terhadap air mungkin terbatas, pemahaman dan praktik yang tepat tentang tayamum menjadi penting. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, jemaah dapat menjalankan ibadah mereka dengan penuh kekhusyukan dan sesuai dengan ajaran Islam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp