Berikut Merupakan Alasan Orang-Orang Tidak Menyegerakan Naik Haji Berdasarkan Usia

By. Miftahul Jannah - 16 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Perjalanan haji adalah impian bagi setiap umat Islam di seluruh dunia. Namun, bagi setiap individu, kegalauan yang dialami saat akan mendaftar dan melakukan perjalanan haji bisa sangat bervariasi, terutama tergantung pada usia mereka. Berikut adalah gambaran tentang kegalauan yang mungkin dialami oleh orang-orang pada berbagai tahapan usia saat akan melaksanakan ibadah haji:

 

Baca Juga : 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Tayamum Selama Perjalanan Ibadah Haji Atau Umrah

 

1. Usia 20an Tahun: Penghasilan Kecil

 

Bagi mereka yang berusia 20an tahun, salah satu kegalauan utama yang mungkin mereka hadapi adalah penghasilan yang masih kecil. Di usia ini, banyak orang mungkin baru memulai karier atau belum mencapai posisi yang memberikan pendapatan yang cukup untuk membiayai perjalanan haji yang mahal. Mereka mungkin merasa tertekan dan kecewa karena tidak mampu mewujudkan impian mereka meskipun memiliki keinginan yang kuat.

 

2. Usia 30an Tahun: Penghasilan untuk Mencukupi Kebutuhan

 

Pada usia 30an tahun, kebanyakan orang telah mencapai stabilitas finansial yang lebih baik dibandingkan dengan usia 25 tahun. Namun, kegalauan yang mungkin mereka alami adalah apakah penghasilan mereka sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan keluarga mereka dan juga untuk membiayai perjalanan haji. Mereka mungkin harus mempertimbangkan dengan cermat antara memprioritaskan kebutuhan keluarga atau menabung untuk perjalanan haji.

 

3. Usia 40an Tahun: Menunggu Waiting List yang Lama

 

Baca Juga : Begini Cara Tayamum Di Pesawat Bagi Calon Jamaah Haji dan Umrah Sesuai Sunnah

 

Pada usia 40an tahun, banyak orang mungkin sudah memiliki stabilitas finansial yang lebih baik, namun mereka dihadapkan pada tantangan lain, yaitu waktu tunggu yang cukup lama untuk melaksanakan haji. Karena jumlah kuota haji terbatas dan permintaan yang tinggi, orang-orang pada usia ini mungkin harus menunggu dalam daftar tunggu untuk beberapa tahun sebelum mendapatkan kesempatan untuk melakukan ibadah haji.

 

4. Usia 50an Tahun: Fisik yang Lemah dan Risiko Tinggi

 

Saat mencapai usia 50an tahun, kegalauan yang mungkin dirasakan adalah terkait dengan kondisi fisik yang mulai melemah. Perjalanan haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat, namun pada usia ini, banyak orang mungkin sudah mulai mengalami penurunan kesehatan dan masuk ke dalam kategori lansia. Mereka mungkin khawatir tentang kemampuan mereka untuk menjalani perjalanan yang panjang dan melelahkan, serta risiko kesehatan yang lebih tinggi selama perjalanan.

 

Baca Juga : Inilah Beberapa Kelebihan Dan Tantangan Rute Umrah Madinah Ke Makkah

 

Dalam setiap tahapan usia, orang-orang yang bermaksud untuk melaksanakan ibadah haji dihadapkan pada tantangan dan kegalauan yang berbeda. Namun, penting untuk diingat bahwa kesempatan untuk melakukan haji adalah anugerah dari Allah SWT, dan setiap orang diberi ujian sesuai dengan kemampuan mereka.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp