Inilah Nama-Nama Jin dan Tugasnya

By. Walid Iqbal Istiardi - 21 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pada hakekatnya jin adalah salah satu ciptaan Allah SWT yang terbuat dari api. Karena itulah jin memiliki sifat yang sombong dan angkuh.
Meskipun jin merupakan makhluk gaib, namun Islam mempercayai keberadaan dari jin. Keberadaan jin ditegaskan dalam Al-Qur'an surat Ar-Rahman ayat 15 sebagai berikut:

وَخَلَقَ الْجَاۤنَّ مِنْ مَّارِجٍ مِّنْ نَّارٍۚ

Arab latin: Wa khalaqal-jānna mim mārijim min nār(in).

Artinya, "Dia (Allah SWT) juga telah menciptakan jin dari nyala api tanpa asap."

 

Baca Juga: Hindari Gangguan Jin Dasim dalam Rumah Tangga


Mengutip buku Relasi Jin dan Manusia oleh Hafidz Muftisany, dalam Al-Qur'an diterangkan jika sebenarnya jin tidak punya kuasa untuk mengganggu manusia. Yang bisa dilakukan jin terhadap manusia ialah dengan membisikkan pikiran-pikiran jahat kepada manusia dan itupun hanya bagi manusia yang mau mendengarkan bisikannya.

Manusia yang mau mendengarkan bisikan jin adalah manusia yang sesat lagi menyekutukan Allah. Oleh karena itu, manusia yang tidak ingin mendapat bisikan-bisikan jahat dari jin hendaknya senantiasa berlindung kepada Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam surat An-Nahl ayat 98-100 berikut:



فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ * إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ * إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

Artinya: Apabila kalian membaca Al-Qur'an, hendaklah kalian meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.

 

Baca Juga : Kehebatan Nabi Sulaiman dalam Menghadapi Tantangan Ifrit



Nama-Nama Jin dan Tugasnya


Sama halnya dengan manusia, ternyata jin memiliki nama dan tugas. Menukil buku Awas, Ada Setan di Rumah Anda! oleh Ahmad Zacky El-Syafa, berikut nama-nama jin beserta tugasnya:

1. Jin Wasnan
Jin ini telah ditugaskan untuk melemahkan otot mata manusia agar membuat seseorang jadi mengantuk ketika hendak melakukan kegiatan yang baik seperti beribadah, bekerja, maupun sedang mendengarkan nasehat yang baik.

2. Jin Dasim
Jin ini memiliki dua tugas yang diembannya. Pertama, ia bertugas mempengaruhi penghuni rumah agar ketika ia masuk tidak mengucapkan salam dan menyebut asma Allah.

Kedua, jin dasim membuat penghuni rumah menjadi tidak akur terutama suami dan istri. Tujuannya satu, agar suami dan istri tersebut bercerai. Jika tujuannya tercapai, maka jin dasim akan tertawa tebahak-bahak karena berhasil membisikkan hal yang dibenci Allah SWT.

 

Baca Juga : Mengungkap Misteri Kopi: Dari Aroma Hingga Pengusir Jin?



3. Jin Khanzab
Jin khanzab memiliki tugas mengganggu manusia untuk menunda-nunda waktu untuk melakukan ibadah salat. Selain itu, mereka juga membuat manusia tidak kusyuk saat sedang salat.

4. Jin Wahlan
Jin yang bernama wahlan memiliki tugas untuk mengacaukan ibadah terutama wudhu dan salat. Ketika wudhu biasanya sering dihantui oleh perasaan was-was yang sangat luar biasa.

5. Jin Masauth
Jin ini memiliki tugas menyebarkan berita-berita dusta lewat mulut manusia. Jika ini terjadi, maka tidak menutup kemungkinan akan timbul permasalahan dan akan menyebabkan perkelahian, permusuhan serta saling mengancam.

6. Jin Zalanbur
Jin jenis ini biasanya bermukim di pasar-pasar. Tugas pertama mereka adalah membuat pedagang atau pebisnis melakukan kecurangan dan penipuan. Lalu yang kedua, mereka juga memiliki tugas untuk membuat manusia jadi boros dan suka menghambur-hamburkan uangnya.

 

Baca Juga : Bagaimana Adab Muslim terhadap Hewan



7. Jin Tibbir
Jin ini bertugas sebagai pembakar emosi manusia ketika sedang marah. Seseorang yang terpengaruh bisikan jin ini ditandai dengan mudahnya tersulut emosi dan amarahnya.

8. Jin Awar
Jin ini memiliki kemampuan untuk menghasut manusia mengikuti hawa nafsunya. Biasanya, jin jenis ini menggoda para pemuda yang sedang jatuh cinta dengan menciptakan suasana yang meningkatkan nafsu.
 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp