Pahami 4 Jenis Visa Yang Tidak Dapat Digunakan Berhaji Agar Perjalanan Ibadah Menjadi Aman

By. Miftahul Jannah - 23 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan panggilan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan umat Muslim berbondong-bondong menuju Tanah Suci Makkah untuk menjalankan ibadah haji. Namun, sebagai bagian dari upaya untuk mengatur arus jamaah dan menjaga keselamatan serta kesehatan mereka, pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan yang ketat terkait dengan visa untuk haji. Di bawah ini, kita akan menjelajahi jenis-jenis visa yang dilarang untuk melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi, antara lain:

 

Baca Juga : Inilah 4 Ketentuan Terbaru Dari Arab Saudi Tentang Visa Umrah 2024

 

 1. Visa Ziarah dan Visa Turis (Single Entry atau Multiple Entry)

 

Visa ziarah dan visa turis adalah jenis visa yang dikeluarkan untuk tujuan kunjungan ke Arab Saudi untuk keperluan ziarah atau wisata. Namun, penting untuk dipahami bahwa haji bukanlah sekadar ziarah atau wisata biasa. Oleh karena itu, pemerintah Arab Saudi secara khusus melarang penggunaan visa ziarah atau turis untuk melaksanakan ibadah haji. Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap jamaah haji memiliki visa yang sesuai dengan tujuan ibadah mereka.

 

 2. Visa Ziarah dan Visa Visit

 

Serupa dengan visa turis, visa ziarah dan visa visit juga dilarang untuk digunakan dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Meskipun ziarah dan kunjungan ke tempat-tempat suci di Arab Saudi adalah pengalaman spiritual yang berharga, haji memiliki kedudukan yang unik dalam Islam dan memerlukan persyaratan dan prosedur yang berbeda.

 

Baca Juga :Ini Dia Faktor Penyebab Ibadah Haji Indonesia Didominasi Oleh Jemaah Lansia, Dari Adanya Kuota Haji Hingga Kendala Waiting List

 

 3. Visa Amal atau Visa Kerja

 

Visa amal atau visa kerja, yang dikeluarkan untuk tujuan pekerjaan atau aktivitas amal di Arab Saudi, juga tidak dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah haji. Meskipun kegiatan amal sangat dihargai dalam Islam, haji adalah kewajiban agama yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu. Oleh karena itu, pemerintah Arab Saudi memastikan bahwa visa yang dikeluarkan untuk tujuan lain tidak disalahgunakan untuk keperluan haji.

 

 4. Visa Transit dan Visa-Visa Tidak Resmi

 

Visa transit atau visa-visa tidak resmi, contohnya seperti visa umrah juga tidak dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah haji. Meskipun mungkin ada upaya untuk memanfaatkan jenis visa ini untuk tujuan haji, pemerintah Arab Saudi telah menetapkan aturan yang jelas bahwa visa untuk haji harus diperoleh melalui kanal resmi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Baca Juga : Mengenal 3 Kategori Jemaah Haji Indonesia Dari Usia Anak-Anak Hingga Lansia

 

Dengan memahami bahwa haji adalah ibadah khusus yang memiliki perbedaan signifikan dengan ziarah, wisata, atau kegiatan lainnya, penting bagi setiap calon jamaah haji untuk memperoleh visa haji secara sah dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Kebijakan yang ketat terkait dengan visa untuk haji Arab Saudi bukanlah hambatan, tetapi upaya untuk memastikan bahwa ibadah ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan nilai-nilai spiritual yang diamanahkan oleh agama Islam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp