3 Hadits Rasulullah tentang Kewajiban Haji Bagi Umat Muslim

By. Miftahul Jannah - 10 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Selain ayat-ayat Al-Quran, terdapat pula hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang menjadi sumber pedoman dalam pelaksanaan ibadah haji. Hadits-hadits tersebut memberikan penjelasan lebih lanjut tentang tata cara, keutamaan, dan hikmah dari ibadah haji yang mulia ini. Sebagai umat Muslim, memahami dan mengamalkan hadits-hadits tentang haji merupakan suatu keharusan agar ibadah yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Melalui hadits-hadits ini, kita dapat menggali makna yang lebih mendalam dari ritual haji, serta mencontoh bagaimana Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.

 

Baca Juga : 4 Ayat Al-Qur'an Tentang Ibadah Haji Agar Manusia Paham Kewajibannya

 

1. Ibadah Haji penyempurna rukun islam

 

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

 

Islam dibangun atas 5 perkara (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan. (HR. Bukhari No. 7)

 

2. Kewajiban Berhaji

 

 الْحَجُّ مَرَّةٌ فَمَا زَادَ فَهُوَ تَطَوُّعٌ

 

Baca Juga : Memahami Macam-macam Thawaf dalam Ibadah Haji dan Umrah

 

Keawajiban haji hanya sekali, dan selebihnya adalah sunnah (HR. Bukhari No. 1722)

 

3. Azab tidak melaksanakan ibadah haji

 

قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ الْحَجُّ فِي كُلِّ عَامٍ قَالَ لَوْ قُلْتُ نَعَمْ لَوَجَبَتْ وَلَوْ وَجَبَتْ لَمْ تَقُومُوا بِهَا وَلَوْ لَمْ تَقُومُوا بِهَا عُذِّبْتُمْ

 

Para sahabat bertanya; ‘Wahai Rasulullah, apakah haji wajib dilaksanakan setiap tahun? ‘ Beliau menjawab: ‘Andai aku jawab: ‘Ya’ niscaya (akan dianggap) wajib (untuk dilaksanakan) setiap tahun, dan andai memang wajib untuk dikerjakan setiap tahun, tentu kalian tidak akan sanggup melaksanakannya. (Dan jika kalian tidak melaksanakannya) maka kalian tentu akan diadzab’. (HR. Ibnu Majah No. 2876)
 

Baca Juga : Inilah 2 Perbedaan Pendaftaran Ibadah Haji Agar Calon Jamaah Dapat Memahami Perbedaannya

 

Demikianlah beberapa hadits Nabi Muhammad SAW yang menerangkan tentang ibadah haji. Hadits-hadits tersebut menjadi pelengkap dan penjelas dari ayat-ayat Al-Quran dalam masalah ibadah haji. Dengan mengkaji dan mengamalkan hadits-hadits ini, kita dapat memahami dan melaksanakan ibadah haji dengan lebih baik dan sempurna. Hadits-hadits ini juga mengingatkan kita tentang keutamaan dan hikmah di balik ibadah haji, yang tidak hanya sekadar ritual namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan ketaqwaan dan kesucian diri. Semoga dengan berpedoman pada Al-Quran dan hadits, kita dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp