Mengenal Istilah Kelebihan Bagasi dalam Penerbangan Udara

By. Darma Taujiharrahman - 13 Apr 2023

Bagikan:
img

batemurtour.com - Bagasi pesawat merupakan barang yang dibawa oleh penumpang di dalam sebuah penerbangan. Barang tersebut umumnya berupa keperluan pribadi sehari-hari seperti pakaian, keperluan mandi ataupun berbagai obat yang diperlukan oleh penumpang selama perjalanan.

 

Setiap barang yang masuk bagasi biasanya adalah barang yang mempunyai ukuran yang relatif lebih besar yang tidak pas jika dimasukkan ke dalam kabin pesawat. Pada bagasi pesawat, umumnya setiap jenis barang bisa dimuat dan bawa serta oleh setiap penumpang pesawat. Adapun barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat di antaranya adalah bahan peledak dan benda cair yang mudah terbakar.

 

Baca juga: 

 

Setiap maskapi penerbangan menetapkan aturan masing-masing terkait masalah bagasi. Penerbangan domestic dan penerbangan internasional memiliki perbedaan aturan khususnya dari segi ukuruan.

 

Biasanya maskapai membagai kapasitas bagasi berdasarkan kelas tiket yang dibeli dengan urutan pada umumnya first class, business class, dan economy class.

 

Untuk penerbangan domestic, contohnya pada maskapai garuda. pada kabin kelas satu (first class) mendapatkan kuota bagasi bebas biaya sebesar 40 kg. Sedangkan, kuota bagasi gratis kelas bisnis (business class) sebesar 30 kg, dan kelas ekonomi (economy class) 20 kg.

 

Pada penerbangan internasional, Garuda Indonesia memberikan kuota bagasi gratis bagi penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi pada kabin kelas satu sebesar 50 kg. Sedangkan, kuota bagasi bebas biaya kelas bisnis sebesar 40 kg dan kelas ekonomi 30 kg.

 

Kelebihan bagasi umumnya seringkali terjadi pada jamaah umrah mengingat banyaknya barang yang dibeli selama perjalanan ibadah haji ataupun umroh berlangsung. Setiap terjadi kelebihan bagasi, maka penumpang diwajibkan untuk membayar biaya tambahan yang nilainya tidak dapat dipastikan setiap waktu.

 

Yang dimaksud dengan kelebihan bagasi adalah ketika barang yang masuk ke bagasi pesawat telah melebihi batas maksimum bawaan sebagaimana telah diatur pada masing-masing pesawat.

 

Untuk itu alangkah baiknya bagi para penumpang pesawat untuk memastikan berat barangnya yang akan masuk pada bagasi pesawat. Dan untuk para jamaah umroh agar membeli oleh-oleh di tanah suci secukupnya saja, karena pembelian oleh-oleh juga dapat dilakukan secara langsung di tanah air tercinta.

 

Baca juga:

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp