Jangan Lewatkan Sholat Dhuha!! Berkah Berlimpah dan Dapatkan Pintu Khusus di Surga

By. Dewi Savitri - 31 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sholat dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang dilakukan pada awal waktu setelah matahari terbit dan akhir waktu di seperempat siang. Sholat dhuha boleh dikerjakan paling sedikit dua rakat atau lebih dengan kelipatan dua rakat. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang artinya:

 

Baca Juga: Mau Hati Tenang? Lakukan Ini di Sepertiga Malam, Ini Dia 5 Manfaat Sholat Tahajud

 

“Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit diantara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah matahari).” (HR Muslim)

 

Sholat dhuha merupakan bagian dari sedekah terbaik, membawa kecukupan rezeki, hingga dijanjikan pintu surga oleh Allah SWT. Selain itu, sholat dhuha memiliki keutamaan lain yaitu:

 

1. Sedekah Terbaik

 

Saat seorang muslim melaksanakan sholat dhuha, maka dia telah mengeluarkan sedekah terbaiknya meskipun hanya menjalankan sholat sebanyak dua rakat. Melaksanakan sholat dhuha dianggap mengeluarkan sedekah dengan nilai yang besar. Keutamaan ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Muslim yang artinya:

 

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, dan melarang perbuatan munkar adalah sedekah. Semuanya itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua rakat.” (HR Muslim)

 

2. Membawa Rizki

 

Bagi siapa saja yang rutin mengamalkan sholat dhuha, maka seseorang tersebut tidak akan kurang rezekinya. Allah SWT akan mencukupkan rezeki setiap hamba-Nya yang menunaikan empat rakat sholat dhuha setiap harinya. Seperti yang tertera pada sebuah hadis yang artinya:

 

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, janganlah sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidzi).

 

3. Waktu yang Tepat untuk Memohon Ampunan

 

Sholat dhuha membantu menggugurkan dosa-dosa karena dilaksanakan pada waktu yang tepat untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Besar dosa yang akan diampuni oleh Allah SWT tertera dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, dimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

Baca Juga: Bantu Temukan Barang Hilang, Benarkah?? Ini Dia Keutamaan Surat Ad-Dhuha

 

“Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih-buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

 

4. Ladang Memperoleh Keuntungan

 

Dikutip dari Liputan6.com, dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa keuntungan yang diperoleh saat melaksanakan sholat dhuha jumlahnya lebih banyak daripada keuntungan yang diperoleh mujahid yang berperang. Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

 

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena jaraknya). Kemudian Rasulullah SAW bersabda: ‘Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimahnya, dan cepat kembalinya?, Mereka menjawab: ‘Ya’ Rasulullah SAW berkata lagi: ‘Barangsiapa yang berwudhu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan sholat dhuha, dialah yang paling dekat dengan tujuannya (tempat perang), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

 

5. Dibuatkan Pintu Khusus di Surga

 

Di surga akan dibuatkan pintu khusus yang Bernama Pintu Dhuha yang diperuntukkan bagi orang-orang yang rutin melaksanakan sholat dhuha semasa hidupnya. Hal ini disampaikan oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya:

 

“Sesungguhnya disurga ada salah satu pintu yang dinamakan Pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga akan memanggil ‘mana ia yang melazimkan sholat dhuha? Inilah pintu kalian, maka masukilah dengan kasih saying Allah SWT.” (HR Thabrani)

 

Baca Juga: Pahami Makna Syahadatain : Rukun dan Syaratnya !!

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan sholat dhuha yang kami rangkum khusus untuk Sobat Batemuri sekalian, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp