Aturan Barang Bawaan Jamaah Haji Indonesia, Pahami Sebelum Berangkat Haji

By. Dewi Savitri - 06 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Direktorat Jendral Penyelenggaraam Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama telah merilis aturan barang bawaan melalui akun Instagram resmi @informasihaji. Apa saja barang-barang yang tidak diboleh dibawa oleh jamaah haji Indonesia?

 

Baca Juga: 3 Cara Mengurus Jamaah Haji Meninggal Dunia Sesuai Peraturan Saudi Arabia

 

Berikut adalah aturan barang bawaan jamaah haji:

 

  1. Tidak membawa barang terlarang seperti narkoba, senjata api, senjata tajam dan sejenisnya. Sertakan salinan resep dokter apabila membawa obat pribadi dari dokter.
  2. Tidak membawa barang yang berkaitan dengan perbuatan syirik seperti jimat, patung dan lain sebagainya. Selain itu jamaah juga dilarang untuk melakukan praktik sihir selama berada di Arab Saudi.
  3. Dilarang membawa perhiasan dan uang tunai dalam jumlah yang banyak. Hal ini untuk menghindari adanya kehilangan uang saat melakukan ibadah haji yang akhirnya akan merusak fokus jamaah saat beribadah.
  4. Air Zamzam dan ember. Setiap jamaah haji sudah mendapat fasilitas air Zamzam sebanyak 5 liter menjelang kepulangan. Maka, jamaah dilarang menyelipkan air Zamzam kedalam bagasi atau tas kabin karena membahayakan penerbangan karena dapat menyebabkan ketidak seimbangan pesawat.
  5. Dilarang membawa CD atau DVD dan sejenisnya yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji, apalagi yang terkait kea rah pornografi.
  6. Dilarang membawa barang-barang yang mudah meledak seperti gas dan bahan peledak lain.
  7. Dilarang membawa cairan lebih dari 100 ml kedalam kabin, jika membawa sabun cair, bahan makanan seperti kecap dan sebagainya maka simpan saja didalam bagasi.
  8. Dilarang membawa makanan atau buah-buahan dengan bau menyengat seperti durian.
  9. Membawa rokok dibatasi yaitu paling banyak sebanyak 200 batang rokok, cigar 24 batang, atau produk tembakau lain paling banyak seberat 500 gram.
  10. Jika membawa powerbank maka letakkan powerbank di tas cabin dan jangan di masukkan kedalam tas bagasi.

 

Baca Juga: Mengenal Istilah Kelebihan Bagasi dalam Penerbangan Udara

 

Tas jemaah akan dibongkar dibandara apabila membawa barang-barang yang dilarang tersebut, maka dari itu jangan coba-coba untuk menyelundupkan barang-barang yang sudah dilarang diatas. Fokuskan saja niat untuk menjalankan ibadah haji kepada Allah SWT dan insyaAllah perjalanan ibadah haji Sobat akan berjalanan dengan lancar dan tanpa hambatan.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp