Kurban Untuk Keluarga, Apakah Diperbolehkan? Solusi Kurban

By. Darma Taujiharrahman - 07 Jun 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Kurban adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim pada Hari Raya Idul Adha sebagai penghormatan terhadap perintah Allah SWT. Dalam pelaksanaannya, terdapat pertanyaan umum mengenai berapa banyak orang yang dapat mendapatkan manfaat dari seekor hewan kurban, khususnya kambing.

 

Menurut ajaran agama Islam, kurban seekor kambing hanya cukup untuk satu orang. Hal ini berarti daging dari seekor kambing kurban seharusnya mencukupi kebutuhan satu orang untuk makan sehari-hari. Sedangkan, seekor unta atau sapi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hingga tujuh orang. Perbedaan ini didasarkan pada ukuran dan kapasitas daging dari masing-masing hewan.

 

Lalu bagaimana hewan yang digunakan berkurban bukan merupakan hasil yang diusahakan oleh pelaku kurban? Apakah termasuk hal yang disyaratkan dalam kurban

 

Baca juga:

 

Dalam memahami pertanyaan ini sejatinya Nabi Muhammad saw telah bersabda bahwa ia berkurban untuk istri-istrinya dan hal itu adalah sah hukumnya

 

 

Khususnya dalam kurban sapi ataupun unta, pelaksanaan kurban dapat dilakukan secara sendiri atau bersama-sama dengan keluarga atau orang lain. Tidak ada ketentuan yang melarang seseorang untuk melaksanakan kurban sendiri, namun berbagi dengan orang lain juga merupakan amalan yang dianjurkan. Dalam kurban bersama-sama, keuntungan daging kurban akan dibagikan kepada orang-orang yang terlibat dalam proses kurban tersebut.

 

Keutamaan ini juga telah diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bin Abdullah RA.

 

نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ الله - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - بِالْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

Artinya: "Kami telah menyembelih kurban bersama-sama Rasulullah SAW. Pada tahun Hudaibiyah, seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang."

 

Dari seluruh penjelasan dapat disimpulkan bahwa kurban seekor kambing cukup untuk satu orang, sedangkan unta atau sapi dapat mencukupi kebutuhan hingga tujuh orang. Pelaksanaan kurban dapat dilakukan secara individu atau bersama-sama dengan keluarga maupun orang lain, dengan dasar hukum kurban bersama-sama yang diriwayatkan dalam hadits.

 

Syariat Islam tidak secara spesifik menjelaskan jenis kambing yang afdhal untuk kurban, sehingga umat Muslim bebas memilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka. Yang terpenting dalam pelaksanaan kurban adalah niat yang ikhlas dan melaksanakan amalan sesuai dengan ketentuan agama.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp