Pengertian Mukjizat, Karomah, Irhas dan  Maunah

By. Siti Rahmawati - 18 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Menurut bahasa mukjizat berasal dari Bahasa Arab :) أَعْجَزَ – يُعْجِزُ – مُعْجِزٌ )مُعْجِزَةٌ berarti sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Menurut istilah mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri nabi dan Rasul Allah Swt. dalam rangka membuktikan dirinya adalah Nabi dan Rasul yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.

 

Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa ciri-ciri mukjizat adalah sebagai berikut:

a. diturunkan hanya kepada para Nabi/Rasul

b. merupakan kejadian luar biasa di luar kemampuan manusia

c. diturunkan sebagai bukti kekuasaan Allah Swt.

d. diturunkan sebagai bukti kenabian atau kerasulan

e. bertujuan untuk memperlemah orang kafir, atau memecahkan masalah kaum muslimin.

 

Baca juga : 

 

Mukjizat dibagi menjadi dua macam, yaitu :

a. Mukjizat Kauniyah adalah mukjizat yang tampak. Mukjizat ini dapat dirasakan atau ditangkap oleh pancaindera. Mukjizat kauniyah disebut juga mukjizat terbatas artinya di luar kemampuan manusia, terjadi hanya sekali dan dalam satu tempat, tidak bisa diulang, dan tidak bisa dipelajari. Contoh : mukjizat Nabi Isa yang dapat menghidupkan orang mati dengan seizin Allah Swt.

 

b. Mukjizat Aqliyah, yaitu mukjizat yang hanya dapat dipahami oleh akal pikiran. Ciri khusus mukjizat ini adalah: berlaku universal (sepanjang masa), dan dapat difahami dengan akal pikiran. Contohnya: Al-Qur’an memiliki keistimewaan, yaitu kandunganya luar biasa, susunan sastra yang indah, dan akan terjaga sepanjang masa.

 

2. Kejadian-kejadian Luar Biasa Selain Mukjizat. Selain mukjizat, ada juga kejadian luar biasa yang harus kita pahami diantaranya adalah :

 

Baca juga:

 

Karomah

Karomah adalah kejadian luar biasa yang dianugerahkan Allah kepada seseorang yang sholeh dan taat kepada-Nya. Jadi karomah hanya diberikan kepada hamba-hamba pilihan Allah Swt., termasuk waliyullah (kekasih Allah Swt.). Syarat Syarat terjadinya karomah antara lain :

 

1) Orang yang mendapat karamah bukanlah seorang Rasul/Nabi

2) tidak memiliki syarat khusus berupa doa, bacaan, ataupun dzikir khusus

3) Terjadi pada seorang hamba yang shalih, baik dia mengetahui terjadinya (karomah tersebut) ataupun tidak

4) Bertujuan menguatkan keimanan dan keislaman orang yang mendapat karomah tersebut.

5) Diberikan Allah Swt. kepada hamba-hamba-Nya yang benar-benar beriman serta bertaqwa kepada-Nya.

 

Irhash

Irhas adalah kejadian atau hal-hal yang istimewa terjadi pada diri calon Rasul. Irhas terjadi sebelum seorang Rasul dinyatakan kerasulannya oleh Allah Swt.

 

Ma’unah

Ma’unah adalah kemampuan luar biasa yang diberikan Allah kepada seorang mukmin untuk mengatasi suatu kesulitan. Ma’unah terjadi pada orang biasa berkat pertolongan Allah.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp