Raudah Taman Surga yang Mustajab

By. Abid Rauf - 13 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai Sobat Annabil!!! berikut ini sekilas informasi mengenai salah satu tempat mustajab yang berada di area masjid Nabawi kota Madinah, yang mana merupakan cikal bakal dari dakwah Islam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Yuk simak informasi berikut.

 

Alhamdulillah 16 Oktober 2022 kami telah memberangkatkan 40 jamaah umrah dari  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti Jakarta.  Nah ..salah satu kegiatan yang sangat menggembirakan dan membahagiakan para jamaah adalah ketika jamaah berkesempatan untuk mengunjungi dan bertawasul kepada Rasulullah di sekitar makam Nabi Muhammad yakni ..Arraudah ..taman surga ..

 

Baca juga: Mengenal Jabal Uhud, Destinasi Ziarah Madinah

 

Raudah

 

Pada dasarnya Raudhah merupakan tempat kecil di antara kamar Rasulullah (yang sekarang menjadi makam Nabi SAW) dengan mimbar Masjid Nabawi. Sebelumnya, Raudhah terletak di antara rumah Nabi dan masjid, di luar kawasan Masjid Nabawi. Namun seiring berkembangnya Masjid Nabawi, lokasi ini akhirnya menyatu dan tergabung dalam kawasan Masjid Nabawi. Umat Islam sering bepergian ke wilayah Raudhah untuk beribadah dan mengunjungi makam Nabi dan para sahabatnya. Itu adalah lokasi yang mulia dan unik, Raudhah. Karena di sinilah Rasulullah SAW beribadah, berdoa, mendapat wahyu, berdakwah, dan merupakan tempat para sahabat berdoa sekitar 1400 tahun yang lalu.

 

Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa, ada satu tempat di dunia ini yang merupakan salah satu taman dari taman-taman yang berada di surga. Rasulullah SAW bersabda,

 

“Apa yang berada di antara rumahku dan mimbarku merupakan taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dan tempat yang dimaksud adalah tempat di antara mimbar masjid Nabawi dan kamar Rasulullah, sekarang lebih dikenal dengan nama Raudhatul Jannah yang berarti “Taman Surga”. Luar biasa sekali bukan? Selama ini kita cuma bisa membayangkan dari gambaran surga yang terdapat di Al Quran. Tetapi, kita bisa menemukan salah satu taman surga yang ada di dunia dari apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW tersebut.

 

Bagaimana proses dapat menuju raudah

 

Saking spesialnya tempat tersebut bahkan, pemerintah Arab Saudi sampai menetapkan jadwal masuk Raudhah melalui aplikasi e-haj. Raudhah adalah area antara rumah dan mimbar Nabi yang dikenal sebagai taman surga. Urutan masuk jamaah pria dan wanita diatur di dalamnya. Meski demikian, pengunjung tetap bisa mengakses Raudhah tanpa menggunakan aplikasi dengan mengantre usai sholat subuh dan masuk pintu 30.

 

Meskti tidak menggunakan tasrih ataupun surat izin, cukup dengan menggunkan aplikasi e-haj, ziarah ke area raudhah dapat dilakukan jamaah tidak hanya dari Indonesia tapi juga umat Islam dari berbagai negara. Jemaah keluar dari pintu masuk setelah sholat subuh dan masuk ke dalam area pintu 31. Askar (polisi Arab) kemudian menginstruksikan jamaah untuk menetap dan mengantri hingga area Raudhah khusus wanita dibuka. Para prajurit membuka terpal putih setelah jemaah menunggu hampir 30 menit, pada saat itu mereka semua bergegas mengambil tempat di depan penghalang shaf pria. Jamaah kemudian berdoa sesuai sunnah yang selalu diiringi air mata dan syahwat.

 

Apa saja ibadah yang dapat dilakukan di Raudah

 

Mengingat Raudhah ini merupakan salah satu lokasi yang paling efektif untuk salat, bisa dimaklumi mengapa banyak jemaah yang berlomba-lomba untuk mendapatkan akses agar bisa salat di sana. Saat berada di Raudhah, Anda bisa melakukan berbagai ibadah, seperti membaca doa, memperbanyak zikir, dan beri'tikaf. Rencanakan doa terbaik Anda untuk diberikan kepada Allah SWT jika Anda memiliki kesempatan untuk berdoa di Raudhah.

 

Untuk mempersiapkan ritual ini sebelum bepergian ke Baitullah, Anda dapat melakukannya dari rumah. Selain doa untuk diri sendiri, Anda juga bisa berdoa untuk orang yang Anda cintai dan seluruh umat Islam. Atau mungkin Anda menerima titipan doa dari keluarga, tetangga, dan orang lain. Petisi ini dapat dibacakan di Raudhah.

 

Semoga kita termasuk yang diberi kesempatan untuk melantunkan doa di taman surga tersebut

 

Amin, amin Ya Rabbal Alamin

 

Sekian informasi seputar haji bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi seputar haji dan umrah terupdate, kunjungi kami di website https://www.batemuritour.com/

 

Harga Tiket Kereta Cepat Haramain (Makkah - Madinah)

 

Editor: Darma Taujiharrahman









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp