Ini adalah Lokasi Miqat Jemaah Haji Indonesia

By. Dewi Savitri - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat Annabil!!! Banyak hal yang perlu diketahui oleh calon jemaah haji dan umrah salah satunya menyangkut dengan miqat. Apa itu miqat?

Miqat adalah waktu atau tempat yang dipilih oleh Nabi Muhammad SAW sebagai pintu masuk untuk memulai ibadah haji dan umrah. Miqat merupakan batas waktu dan tempat bagi dimulainya ibadah haji dan umrah. Jemaah akan memulai perjalanan ibadah haji dan umrah setelah mengambil miqat dan berihram. Pada saat ini larangan-larangan ihram mulai berlaku.

 

Baca Juga: Raudah Taman Surga yang Mustajab

 

Yuk simak penjelasan mengenai 2 macam miqat dibawah ini:

 

Miqat Zamani

 

Miqat zamani merupakan ketentuan waktu untuk melaksanakan ibadah haji, yaitu berlangsung sejak 1 Syawal hingga 10 Dzulhijjah pada terbitnya fajar. Sedangkan, miqat zamani atau batas waktu untuk ibadah umrah berlangsung sepanjang tahun.

 

Miqat Makani

 

Miqat makani merupakan batas tempat untuk jamaah mulai berihram. Dengan kata lain, miqat makani merupakan tempat dimana jemaah harus mulai berniat haji ataupun umrah dan mulai berlaku bagi mereka larangan-larangan ihram. Jemaah melakukan miqat makani di lokasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan ihram, kemudian jemaah melaksanakna sholat 2 rakaat di lokasi miqat, mwngucapkan niat dan pergi menuju Mekkah untuk melakukan thawaf dan sa'i. Rasulullah SAW menetapkan 5 tempat miqat makani sebagai tempat dimulainya ibadah haji dan umrah bagi setiap orang yang melewatinya. Masing-masing jemaah dari berbagai negara memilih lokasi miqat makani yang sesuai dengan negaranya. Hal ini dilakukan oleh setiap negara tak terkecuali Indonesia. Lalu dimana saja lokasi miqat makani?

 

5 Tempat Lokasi Miqat Makani

 

1. Zulhulaifah (Bir Ali)

Zulhulaifah (Bir Ali) menjadi tempat miqat bagi penduduk Madinah yang melewatinya. Zulhulaifah terletak sekitar 9 km di sebelah barat laut Madinah. Miqat ini juga digunakan oleh jemaah asal Indonesia. 

 

2. Juhfah

Miqat Juhfah terletak sekitar 190 km di sebelah barat laut Mekkah, dekat dengan kota Rabigh. Miqat ini biasanya digunakan oleh jemaah yang berasal dari Syria, Yordania, Mesir, dan Lebanon.

 

3. Qarnul Manazil (as-Sail)

Qarnul Manasil (as-Sail) berlokasi di dekat kawasan pegunungan Thaif, sekitar 95 km di sebelah timur Makkah. Miqat ini biasanya digunakan oleh jemaah yang berasal dari Dubai.

 

Baca Juga: Kiat-Kiat Mencapai Haji Mabrur

 

4. Yalamlam

Yalamlam terletak di arah tenggara Makkah. Miqat ini biasanya digunakan oleh jemaah dari Yaman dan negara-negara yang melalui rute yang sama seperti jemaah dari India, Pakistan, China, dan Jepang. Jemaah haji Indonesia yang melakukan miqat di pesawat saat perjalanan biasanya dilakukan ketika pesawat mendekati kawasan ini. Kru pesawat akan mengumumkan jika pesawat sudah akan melintas di atas Yalamlam/Qarnul Manazil. Jika mengambil miqat di pesawat, maka jemaah dianjurkan untuk segera berihram dan melakukan niat haji/umrah di dalam hati dan mengucapkannya dengan lisan. 

 

5. Zatu Irqin

Zatu Irqin berjarak sekitar 94 km di arah timur laut Makkah. Miqat ini biasanya digunakan oleh jemaah yang berasal dari Iran dan Irak atau yang melalui rute yang sama.

 

Lalu dimana lokasi miqat jemaah haji asal Indonesia?

 

Ada beberapa lokasi miqat makani jemaah asal Indonesia yang tergantung dari gelombang keberangkatan. Jemaah haji Indonesia dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu gelombang I dan gelombang II.

 

Gelombang I

 

Jemaah haji gelombang I yang mendarat di Madinah akan mengambil miqat di Zulhulaifah (Bir Ali)

 

Gelombang II

 

Jemaah haji gelombang II yang turun di Jeddah memiliki beberapa opsi mengambil miqat, yaitu:

  1. Asrama haji embarkasi
  2. Di dalam pesawat ketika pesawat melintas sebelum atau di atas Yalamlam/Qarn al-Manazil
  3. Bandara King Abdul Aziz, Jeddah

 Itu dia penjelasan mengenai miqat dan lokasi miqat yang digunakan oleh jemaah haji Indonesia.

 

Baca Juga: Wajib Tahu, Hal yang Dilarang saat Umrah!

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp