Karamah dalam Islam: Kejadian Luar Biasa sebagai Anugerah Allah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 08 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Karamah adalah suatu pemberian Allah subhanahu wa ta'ala atas kejadian luar biasa yang diberikan kepada wali atau kekasih Allah. Eksistensi karamah diakui secara sepakat oleh empat mazhab. Ada beragam dalil Al-Qur'an yang menunjukkan bahwa kejadian di luar kebiasaan memang terjadi dan tidak hanya dianugerahkan kepada para nabi saja. Beberapa contoh karamah dapat ditemukan dalam Al-Qur'an dan cerita para sahabat.

 

Baca juga: Hukum Aqiqah Dalam Islam dan Besaran Jumlah Hewan

 

Contoh pertama adalah kisah ibunda Nabi Isa, Maryam. Meskipun bukan seorang nabi, Maryam mendapat kiriman makanan dari surga melalui Malaikat Jibril. Kejadian ini disebutkan dalam Al-Qur'an (QS Ali Imran: 37). Demikian pula, kisah ashâbul kahfi atau para penghuni goa yang tidur selama 309 tahun dan bisa berbincang-bincang dengan anjing mereka, juga mencerminkan kejadian di luar kewajaran, yang merupakan karamah.

 

Ashif bin Barkhiyya, bukan seorang nabi melainkan orang shalih, juga memiliki karamah. Ketika Nabi Sulaiman menawarkan untuk memindahkan singgasana Balqis, Ashif dengan kemampuannya yang diberikan oleh Allah, dapat menghadirkan singgasana tersebut lebih cepat dari yang dijanjikan oleh jin Ifrit. Kejadian ini dicatat dalam Al-Qur'an (QS An-Naml: 40).

 

Selain itu, karamah juga terjadi pada para sahabat, seperti kisah Sayyidina Umar. Dalam sebuah khutbah Jumat, Umar memberikan peringatan kepada pasukan yang berada di gunung di negara yang jauh, menunjukkan pemahaman luar biasa tentang posisi pasukan dan musuh yang tidak kasat mata.

 

Baca juga: Kisah Mukjizat: Kelaparan Sahabat dan Karunia Allah

 

Perlu diingat bahwa kejadian luar biasa dalam Islam, baik itu mu’jizat, karamah, atau kejadian di luar kebiasaan, adalah anugerah Allah yang luar biasa. Semua ciptaan Allah, termasuk yang dianggap "biasa" oleh manusia, sebenarnya adalah luar biasa. Pemahaman dan kesadaran kita tentang keluarbiasaan di balik kejadian sehari-hari perlu ditingkatkan.

 

Keberadaan Allah yang Maha Kuasa menciptakan setiap hal dengan keunikan dan keajaiban. Oleh karena itu, semua kejadian, baik yang tampak biasa maupun di luar kebiasaan, adalah bukti kemuliaan dan kebesaran-Nya. Wallahu a'lam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp