Kisah Lucu Nu'aiman Sahabat Rasul saat Menyembelih Unta

By. Ibnu Fikri Ghozali - 08 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Kisah ini menceritakan kejadian lucu yang melibatkan Nuaiman, seorang sahabat Rasulullah SAW. Ketika ada seseorang yang sedang bertamu kepada Nabi, para sahabat menyampaikan keinginan mereka untuk makan daging unta karena sudah cukup lama mereka tidak merasakannya.

 

Baca juga: Muktamar Perhajian HUSCE ke-3 Digelar di Arab Saudi

 

Tanpa berpikir panjang, Nuaiman spontan menyetujui ide tersebut dan segera menyembelih seekor unta untuk memenuhi keinginan para sahabat. Namun, ketika tamu Rasul mengetahui bahwa unta miliknya telah disembelih, dia segera melaporkan kejadian ini kepada Rasulullah.

 

Para sahabat yang memiliki ide makan daging unta tidak menutupi perbuatannya dan dengan jujur mengatakan bahwa Nuaiman yang menyembelih unta tersebut. Mereka menunjukkan tempat persembunyian Nuaiman kepada Rasulullah dan tamunya.

 

Rasulullah SAW pun bertanya kepada Nuaiman tentang alasan perbuatannya. Namun, jawaban Nuaiman sukses mengundang senyum Nabi. Nuaiman dengan tenang menjawab, "Rasul, tanyakan saja pada orang yang tadi menunjukkan tempat persembunyianku kepadamu."

 

Baca juga: Karamah dalam Islam: Kejadian Luar Biasa sebagai Anugerah Allah

 

Meskipun perbuatannya tergolong lucu dan ceroboh, Rasulullah menanggapi dengan kebijaksanaan dan memberikan ganti rugi kepada pemilik unta dengan jumlah yang lebih dari cukup. Kisah ini menunjukkan sifat humor dan kebijaksanaan Rasulullah SAW dalam menghadapi situasi yang mungkin terlihat serius namun bisa diatasi dengan kebijaksanaan dan senyum.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp