Wajib Coba, Ini Dia 7 Makanan Khas Ceko yang Unik dan Lezat

By. Dewi Savitri - 15 Jan 2024

Bagikan:
img

kontenPedia.com- Ceko adalah negara dengan kekayaan sejarah dan budaya, juga menawarkan ragam kuliner yang khas dan lezat. Meski tidak seterkenal makanan dari negara-negara lain, makanan khas Ceko memiliki daya tariknya sendiri. Simaklah berbagai hidangan yang patut kamu cicipi dalam petualangan kuliner di Ceko.

 

Karakter Makanan Khas Ceko

 

Makanan khas Ceko memiliki karakteristik unik yang mencerminkan pengaruh dari tradisi dan budaya kuliner Eropa Tengah. Dengan bahan-bahan sederhana namun bercita rasa kuat, seperti rempah-rempah dan daging, hidangan-hidangan Ceko menonjol. Daging yang disajikan dengan saus krim, roti panggang, dan kubis merah menjadi ciri khasnya. Roti manis trdelnik dan roti bundar kolache turut meramaikan makanan ringan Ceko. Tak ketinggalan, minuman khas seperti bir dan Becherovka turut melengkapi pengalaman kuliner Ceko.

 

Makanan Khas Ceko yang Harus Dicoba

 

1. Goulash

 

Goulash, hidangan daging pedas asal Hongaria, sangat populer di Ceko. Daging sapi dimasak dengan bawang, paprika, dan rempah-rempah lainnya. Disajikan dengan roti panggang atau kentang tumbuk.

 

2. Svickova

 

Svickova adalah hidangan daging sapi dalam saus krim khas Ceko. Daging dimasak dengan wortel, seledri, bawang putih, dan bawang bombay. Biasanya disajikan dengan roti panggang atau kentang tumbuk dan kubis merah.

 

3. Vepro-Knedlo-Zelo

 

Vepro-Knedlo-Zelo adalah hidangan daging babi dengan roti panggang dan kubis merah. Daging babi disajikan dengan roti panggang khas Ceko (Knedliky) dan kubis merah dimasak dengan garam, gula, dan cuka.

 

4. Trdelnik

 

Trdelnik adalah roti manis berbentuk tabung yang dipanggang di atas kayu. Terbuat dari adonan dengan gula, kayu manis, dan kacang. Roti ini populer di kalangan wisatawan.

 

5. Smazeny Syr

 

Smazeny syr adalah keju goreng yang dicelupkan ke dalam tepung dan digoreng hingga kecokelatan. Disajikan dengan saus tartar dan kentang tumbuk.

 

6. Knedliky

 

Knedliky adalah roti panggang khas Ceko dari adonan tepung terigu, susu, dan telur. Biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping untuk hidangan daging seperti Vepro-Knedlo-Zelo.

 

7. Palacinky

 

Palacinky adalah pancake tipis seperti crepe yang disajikan dengan berbagai topping seperti selai, gula bubuk, cokelat, dan buah-buahan. Cocok sebagai hidangan pencuci mulut atau sarapan ringan.

 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner Ceko yang autentik dan khas. Setiap hidangan membawa cita rasa unik dan memperkaya pengalaman kulinermu di tanah Ceko yang indah. Selamat menikmati petualangan kuliner!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp