Perintah Dan Keutamaan Untuk Memakmurkan Masjid

By. Walid Iqbal Istiardi - 22 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Dalam ajaran Islam, memakmurkan masjid adalah ibadah yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memakmurkan masjid, salah satunya dengan shalat berjamaah.

 

Dikutip dari buku Masjid-masjid bersejarah di Jakarta karya Kartum Setiawan dan Adityo B. Hardoyo, masjid merupakan sebuah bangunan atau gedung yang dipergunakan sebagai tempat untuk mengerjakan shalat, baik shalat lima waktu, shalat Jumat, maupun shalat hari raya.

Selain untuk shalat, masjid juga berfungsi sebagai sarana bagi kaum Muslimin dalam melaksanakan segala aktivitas yang baik dan bermanfaat, seperti pendidikan, dakwah, budaya Islam, dan sebagainya.

 

Meski demikian, tidak semua masjid dapat memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut. Ada banyak masjid yang jauh dari kata ramai karena beberapa alasan. Padahal, Allah sudah memerintahkan kepada seluruh hamba-Nya untuk memakmurkan masjid.

 

Baca Juga : Melacak Jejak Wali Songo Melalui Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia

 

Perintah untuk Memakmurkan Masjid

 

Dalam buku Manajemen Masjid, Moh. E. Ayub menjelaskan bahwa masjid yang makmur adalah masjid yang benar-benar befungsi sebagai tempat ibadah dan menjadi pusat kebudayaan Islam di sekitarnya.

 

Mewujudkan masjid yang makmur adalah tugas dan tanggung jawab seluruh umat Muslim di lingkungan sekitar. Hal ini sejalan dengan perintah Allah yang tercantum dalam Al-Quran surat at-Taubah ayat 18.

 

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ فَعَسَىٰٓ أُو۟لَٰٓئِكَ أَن يَكُونُوا۟ مِنَ ٱلْمُهْتَدِينَ

 

Artinya: “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah:18)

 

Memakmurkan masjid dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik yang bersifat material maupun spiritual. Berikut adalah macam-macam cara tersebut.

 

Baca Juga : Serba 7 , 7 (tujuh) larangan ketika di Masjid

 

  1. Pemeliharaan dan perawatan bangunan masjid agar senantiasa dalam keadaan bagus, bersih, indah, serta terawat.
  2. Rutin melaksanakan kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah lima waktu, shalat Jumat, shalat tarawih di bulan Ramadhan, berdoa bersama, tadarus Al-Quran, dan sebagainya.
  3. Mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian rutin, peringatan hari-hari besar Islam, bimbingan dan penyuluhan masalah keagamaan, dan lain-lain.
  4. Mengadakan kegiatan pendidikan formal maupun informal, seperti pendirian sekolah atau madrasah di lingkungan masjid, taman pendidikan Al-Quran, atau pesantren kilat.
  5. Menyelenggarakan kegiatan sosial lain seperti santunan fakir miskin dan yatim piatu, lomba-lomba keagamaan, kesenian, dan lain-lain.

 

Keutamaan Memakmurkan Masjid

 

Memakmurkan masjid adalah sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan karena mengandung banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Para pendiri masjid akan ditempatkan surga khusus di akhirat oleh Allah.
  2. Orang yang memakmurkan masjid dianggap sebagai orang yang sangat beriman oleh Allah.
  3. Orang yang membaca dan mempelajari Al-Quran di masjid akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
  4. Orang yang memakmurkan masjid akan mendapatkan pahala seperti naik haji.
  5. Orang yang memakmurkan masjid akan mendapat naungan Allah pada hari kiamat.
  6. Orang yang memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah akan dihapus dosanya dan diangkat derajatnya.
  7. Orang yang pergi ke masjid untuk shalat subuh berjamaah akan mendapat tuntunan dan cahaya sempurna pada hari kiamat.

 

Baca Juga : Masjid Qiblatain Saksi Peralihan Kiblat

 

Itulah Keutamaan dan Cara Memakmurkan Masjid bagi Umat Islam, semoga kita selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani, serta diberikan rezeki yang berkah agar selalu bisa bersama memakmurkan masjid-masjid yang ada di sekitar kita.

Wallahu'alam

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp