Jangan Bingung, Ini Dia Tips Memilih Travel Umrah Sesuai Selera Agar Ibadah Lancar dan Maksimal

By. Miftahul Jannah - 16 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Perjalanan umrah adalah momen sakral bagi umat Muslim yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, dengan banyaknya pilihan travel umrah yang tersedia, seringkali membuat calon jemaah bingung memilih yang mana yang terbaik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan untuk memilih travel umrah yang tepat agar perjalanan ibadah Anda berjalan lancar dan bermakna.

 

Baca Juga : Berikut Merupakan Alasan Orang-Orang Tidak Menyegerakan Naik Haji Berdasarkan Usia

 

1. Cek legalitas dan izin resmi travel umrah yang dipilih

 

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk bergabung pada travel umrah, ada baiknya mengecek terlebih dahulu Nomor PPIU (penyelenggara perjalanan ibadah umrah) tersebut di laman Kementerian Agama RI.

 

Pastikan juga travel tersebut tidak tergolong travel numpang izin dengan ciri-ciri travel tersebut terkenal, memiliki banyak jemaah dan sering melakukan keberangkatan namun belum memiliki izin sah dari kemenag, travel seperti itu biasanya akan mengalami kendala dalam umrahnya seperti di penerbangan, katering makanan, hingga hotel tempat penginapan.

 

Selain itu, wajib cari tahu reputasi travel tersebut apakah pernah terjadi kegagalan keberangkatan atau hal yang dapat merugikan jemaah umrah ketika umrah bersama travel tersebut.

 

2. Perhatikan harga paket umrah yang ada di travel umrah pilihan

 

Sebelum melakukan umrah, pastikan mengambil paket umrah sesuai budget karena selain membayar biaya untuk umrah, masih ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan seperti pengurusan administrasi, pembelian perlengkapan, sedekah saat umrah, dan pembelian oleh-oleh untuk sanak saudara.

 

2. Perhatikan fasilitas dan akomodasi yang ada di travel umrah pilihan

 

Pentingnya mengecek fasilitas yang didapatkan agar tiak merasa tertipu dengan paket yang disediakan. Hal-hal yang perlu ditanyakan meliputi

 

- Apa saja fasilitas yang didapatkan?

 

- Apa saja fasilitas yang belum didapatkan?

 

Baca Juga : 4 Golongan Orang Yang Diberikan Kesempatan Namun Tidak Menjalankan Ibadah Haji Dan Umrah

 

- Menggunakan pesawat apa ketika terbang?

 

- Bagaimana jarak hotel ke makkah maupun madinah?

 

- Bagaimana jadwal ibadah umrahnya?

 

- Apa saja makanan yang akan didapatkan?

 

-Bagaiamana kualitas tour leader atau muthawif dari travel?

 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijadikan tips mudah mencari travel umrah sesuai selera.

 

3. Perhatikan jadwal keberangkatan

 

Menunaikan ibadah umrah dapat menyesuaikan kesibukan bagi para pekerja, menunggu jadwal cuti dari pekerjaan, dan siklus menstruasi bagi perempuan.

 

4. Konsultasi

 

Jika masih bingung dalam menentukan pilihan travel karena memiliki 2 pilihan atau lebih, maka dapat melakukan konsultasi dengan orang-orang yang sudah perpengalaman seperti tetangga, teman, atau saudara yang telah menunaikan ibadah umrah.

 

Baca Juga : 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Tayamum Selama Perjalanan Ibadah Haji Atau Umrah

 

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan Anda dapat memilih travel umrah yang tepat dan mengalami perjalanan ibadah yang lancar, bermakna, dan penuh berkah. Semoga Allah memberkahi perjalanan Anda dan menerima semua ibadah yang dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Aamiin.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp