Miqat di Stasiun, Bagi Jemaah yang Menggunakan Fasilitas Kereta Cepat Haramain?

By. Darma Taujiharrahman - 11 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Baru-baru ini telah dibangun fasilitas kereta cepat yang menghubungkan kota Madinah menuju kota Makkah. Hal ini tentunya memicu suatu perdebatan khususnya tentang bagaimana pengambilan miqat yang tepat.

 

Bagaimana penumpang kereta api Al-Haramain masuk ihram dari Madinah, karena tidak berhenti di meeqaat, dan tidak mungkin memakai ihram ketika melebihi kecepatan perjalanannya?

 

Baca juga:

 

Mengingat bahwa kereta api proyek ini cepat (kecepatannya mencapai: 320 kilometer per jam) memiliki kapasitas yang tinggi (setiap kereta menampung 417 penumpang) dan menghubungkan berbagai stasiun satu sama lain, termasuk stasiun Madinah yang terletak dalam batas-batas Masjidil Haram di Jalan Raja Abdul Aziz Para ilmuwan telah menyatakan bahwa niat dan talbiyah boleh dilakukan hanya dengan melewati miqat sebagaimana dibuktikan dalam nash.

 

Bahwa tidak mengapa bagi orang yang berniat menunaikan haji dan umrah dalam hal itu mempersiapkan diri dari rumahnya di Madinah, dan ketika kereta berangkat langsung dari stasiun, jamaah tersebut berniat masuk manasik dan mengaji sambil di atas kereta Ritual, dan karena berhenti di meeqaat dengan keberangkatannya yang semakin dekat merupakan gangguan perjalanan dan kesulitan bagi penumpang, dan di sisi Allah akan berhasil.

 

Pernyataan ini disampaikan melalui Fatwa dari lanjah daimah no.26952 yang isinya: Tidak mengapa seseorang mempersiapkan haji atau umrah dari rumahnya di Madinah kemudian segera setelah kereta mulai melaju, ia langsung meniatkan haji dan umrah kemudian bertalbiah di dalam kereta dengan mempertimbangkan dekatnya stasiun dengan miqat (bir Ali) dan khawatir terlewat miqatnya dikarenakan laju kereta yang sangat cepat.

 

Wallahu A'lam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp