4 Hadits Keutamaan Ibadah Haji Agar Ibadah Semakin Khusyu

By. Miftahul Jannah - 10 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi setiap Muslim yang mampu. Selain merupakan kewajiban, haji juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Dalam artikel ini kita akan membahas mengei hadits-hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji.

 

Baca Juga : 4 Ayat Al-Qur'an Tentang Ibadah Haji Agar Manusia Paham Kewajibannya

 

1. Seperti Bayi yang Baru Lahir

 

 عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

 

Artinya, Dari sahabat Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, Siapa saja yang berhaji, lalu tidak berkata keji dan tidak berbuat dosa, niscaya ia pulang (suci) seperti hari dilahirkan oleh ibunya,’” (HR Bukhari, Muslim, An-Nasai, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

 

2. Surga bagi jamaah haji yang mabrur

 

 عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَاتٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

 

Artinya, Dari sahabat Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, Umrah ke umrah merupakan kafarah (dosa) di antara keduanya. Sedangkan haji mabrur tiada balasan baginya kecuali surga,’” (HR Malik, Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Al-Asbihani).

 

Baca Juga : 3 Hadits Rasulullah tentang Kewajiban Haji Bagi Umat Muslim

 

3. Tamu Allah yang Memiliki Do'a Mustajab

 

 عن جابر رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ الْحُجَّاجُ وَالْعُمَّارُ وَفْدُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، دَعَاهُمْ فَأَجَابُوْهُ وَسَأَلُوْهُ فَأَعْطَاهُمْ

 

Artinya, Dari sahabat Jabir ra, Nabi Muhammad saw bersabda, Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka, lalu mereka memenuhi panggilan-Nya dan mereka meminta kepada-Nya, lalu Allah memberikan permintaan mereka,’” (HR Al-Bazzar).

 

4. Mendapatkan Kesembuhan

 

 عن أبي ذر أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله عليه وسلم قال إِنَّ دَاوُدَ النَّبِيَّ عليه السلام قال إِلَهِيْ مَا لِعِبَادِكَ عَلَيْكَ إِذَا هُمْ زَارُوْكَ فِي بَيْتِكَ قال إِنَّ لِكُلِّ زَائِرٍ عَلَى المَزُوْرِ حَقًّا يَا دَاوُدُ إِنَّ لَهُمْ عَلَيَّ أَنْ أُعَافِيَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَأَغْفِرَ لَهُمْ إِذَا لَقِيْتُهُمْ  

 

Artinya, Dari sahabat Abu Zarr ra, Nabi Muhammad saw bercerita, Nabi Dawud as pernah berdoa, Tuhanku, apa yang didapat hamba-Mu bila mereka mengunjungi-Mu pada rumah-Mu?Allah menjawab, Setiap pengunjung memiliki hak atas yang dikunjungi. Wahai Dawud, sungguh mereka berhak mendapatkan kesembuhan di dunia dan ampunan dari-Ku ketika kelak Kujumpai mereka (di akhirat),’’” (HR At-Thabarani).

 

Baca Juga : Inilah Ayat Tentang Keutamaan Ibadah Haji Agar Diberikan Pahala dan Diampuni Dosa oleh Allah SWT

 

Demikianlah keutamaan melaksanakan ibadah haji yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Bagi setiap Muslim yang berkesempatan menunaikan ibadah haji, hendaknya melaksanakannya dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan. Dengan begitu, insya Allah segala dosa dan kesalahan di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT. Haji bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga merupakan perjalanan spiritual yang akan membersihkan jiwa dan memperbarui kehidupan seorang hamba. Semoga kita semua mendapat kesempatan dan taufik untuk melaksanakan ibadah haji serta mendapatkan keutamaan yang dijanjikan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp