Sedekah Mudah Menurut KH. Dr. Fadlolan Musyaffa’ , LC., MA

By. Ibnu Fikri Ghozali - 13 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com-Rabu lalu (11/10), tim kami berkunjung ke pondok pesantren Fadlul Fadlan di daerah Mijen, Semarang. Kami disambut dengan baik oleh KH. Fadlolan Musyafa’ guna silaturrahim dan kunjungan ke ponpes tersebut. Di sana kami dipertontonkan kegiatan santri dalam kesehariannya.

 

Baca juga: Surat Al-Ashr Ayat 1-3. Pesan Untuk Memanfaatkan Waktu Dengan Baik

 

Pondok pesantren Fadlul Fadlan didirikan oleh KH. Dr. Fadlolan Musyaffa' , LC., MA pada 13 April 2012 yang beralamatkan lengkap di Jl. KH Tohir gang V no 10, Penggaron Kidul, Semarang. Dalam perkembangannya yayasan ini berpindah ke alamat Jl. Ngrobyong, Rt. 4/1, Dk. Wonorejo, Kelurahan Pesantren, Kec. Mijen, Kota Semarang. Pesantren tersebut memiliki peran penting dalam penyebaran syiar Islam di kota Semarang hingga saat ini.

KH Fadlolan Musyaffa’ adalah sosok Kyai muda NU yang lahir di Grobogan Jawa Tengah pada 07 April 1970. Tujuh belas tahun hidup di Mesir, beliau menghabiskan waktu untuk bekerja, melakukan penelitian, dan ngrumati mahasiswa Indonesia yang berada di Al Azhar. Hingga saat ini, beliau mengasuh ribuan santrinya di ponpes tersebut.

 

Baca juga: Bukan Hanya Tempat Ibadah, Ini Dia 7 Fungsi Masjid dalam Islam

 

Pada kunjungan kami, kami mendapat kisah menarik darinya. Dalam kesehariannya, santri diberi petuah untuk selalu dapat bersedekah dengan apapun itu, namun yang didawuhkan kyai tersebut apabila santri belum bisa sedekeah melalui harta. Santri bisa sedekah melalui do’a maupun tahlil yang dikirmkan kepada sanak saudara maupun keluarga hingga para Pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia.

 

Hal ini menjadi kegiatan rutin bagi santri Fadlul Fadlan sesuai dawuh kyainya tersebut. di mana sedekah adalah suatu hal sunnah yang seyogyanya dilakukan oleh umat muslim. Mungkin, amalan ini bisa menjadi contoh bagi kita sebagai seorang muslim untuk dapat bersedekah meskipun dengan hanya mendo’akan ke semua orang.

 

Karena menurutnya, hal baik yang dilakukan oleh manusia nantinya akan Kembali dengan kebaikan yang sudah dilakukan semasa hidupnya. Demikian hasil kunjungan kami ketika berkunjung ke pondok pesantren Fadholan Fadlan.

Baca juga: Muslim Wajib Tau!! Kenali 20 Sifat Wajib bagi Allah SWT Berikut Ini









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp