Senyum Juga Ada Pahalanya Lho!!!

By. Ibnu Fikri Ghozali - 13 Oct 2023

Bagikan:
img

Manusia adalah makhluk sosial yang paling diunggulkan dengan makhluk lainnya. Pasalnya, tatanan sosial terbentuk secara natural. Dalam hal ini, manusia mampu memberikan warna tersendiri di dunia. Karena sejatinya Allah SWT menjadikan manusia khalifah fil-ardh.

Baca juga: Sedekah Mudah Menurut KH. Dr. Fadlolan Musyaffa’ , LC., MA

Namun dalam hal interaksi, Allah SWT selalu memerintah hambanya untuk berinteraksi secara baik dengan sesame manusia, namun bukan berarti kita tidak lupa untuk berinteraksi baik dengan makhlu lainnya. Misal saja, dengan hewan, tumbuhan atau dengan makhluk lainnya. Dari sini, akan timbul kesinambungan di antara para makhluk lainnya.

 

Ada banyak bentuk cara untuk berperilaku baik dengan sesame manusia. Salah satunya adalah senyum. Senyum adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan manusia kepada sesama. Selain itu, Berdasarkan riset dokter mengatakan bahwa ketika anda tersenyum dan selalu bahagia, maka tubuh akan meresponsnya dengan mengeluarkan neurotransmitter benrama endorphin. Senyawa ini memiliki efek menenangkan, meningkatkan mood dan mengurangi rasa sakit.

 

Dalam Islam, senyum bisa dikatakan menjadi amal baik yang berpotensi menghasilkan sebuah pahala. Sehingga perbuatan ini sangat dianjurkan oleh umat muslim di dunia. karena selain mudah dalam pengerjaannya, itu juga membuat manusia lainnya ikut bersikap baik terhadapnya.

Baca juga: Tempat Ziarah Wali Pekalongan, Batang dan Sekitarnya

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

 

تَبَسُّمُكَ فيِ وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَة

 

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu” (Sahih, HR Tirmidzi no 1956).

 

Melihat hadist tersebut, tentu kita sebagai seorang muslim selalu dianjurkan untuk berbaik kepada sesama manusia melalui senyuman. Karena senyum kepada saudara kita sendiri termasuk melakukan sebuah Ibadah. Senyum juga menjadi perwujudan Syukur kita kepada sang pencipta bahwa telah dilahirkan di muka bumi ini.

 

Dari sini kami mengajak kepada semuanya untuk selalu tersenyum apabila kita menjumpai kerabat, rekan-rekan ataupun orang yang baru kita kenali. Selain berpotensi mendapkan pahala, juga memberikan kenyamanan kepada sesame manusia. Karena ini seperti kehendak Allah SWT menciptakan manusia ke bumi.

Baca juga: Selain Al- Waqiah, Inilah 10 Surat dalam Al-Quran Pembuka Rezeki !









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp