Doa Ketika Memasuki Kota Madinah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ketika seorang Muslim memasuki kota suci Madinah, hatinya dipenuhi dengan kekaguman dan keberkahan. Ini adalah tempat yang dihiasi dengan sejarah Islam yang kaya dan merupakan tempat perlindungan bagi Nabi Muhammad ﷺ dan para sahabatnya. Memasuki kota ini adalah momen yang sarat makna spiritual bagi setiap musafir. Di samping kegembiraan dan rasa hormat, penting bagi kita untuk menghadirkan hati yang penuh dengan kehormatan dan kesadaran akan kehadiran Allah SWT.

 

Baca juga: 4 Hukum Ibadah Haji berdasarkan Keadaan Seseorang

 

Doa adalah cara bagi seorang Muslim untuk terhubung dengan Allah SWT, memohon pertolongan-Nya, dan memohon keberkahan dalam setiap langkah hidup. Saat memasuki Kota Madinah, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca, baik sebagai ekspresi syukur, permohonan ampunan, atau memohon perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa yang dianjurkan ketika memasuki Kota Madinah:

 

Doa Masuk Kota Madinah:

"اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ، وَرَبَّ الأَرْضِينَ وَمَا أَقْلَلْنَ، وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ، وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَأْنَ، أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا بُنِيَتْ عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا بُنِيَتْ عَلَيْهِ"

 

"Allahumma Rabbas Samawatis Sab'i wa ma adhlalna, wa Rabbal ardiin wa ma aqallalna, wa Rabbash shayatiin wa ma adhlalna, wa Rabbar riyyahi wa ma dharana. As'aluka khayra hadhihil qariyati wa khayra ahliha wa khayra ma fiha wa khayra ma bunyat 'alaihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri ma fiha wa syarri ma bunyat 'alaihi."

 

Baca juga: Makanan yang didapatkan Jemaah Haji saat Ibadah di Tanah Suci

 

Artinya: "Ya Allah, Tuhan langit yang tujuh dan apa yang mereka cakup, Tuhan bumi dan apa yang ia genggam, Tuhan para syaitan dan apa yang mereka sesatkan, Tuhan angin dan apa yang dihembuskan oleh mereka. Aku memohon kebaikan kota ini, kebaikan penduduknya, kebaikan isi di dalamnya, dan kebaikan yang dibangun di atasnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan kota ini, kejahatan penduduknya, kejahatan isi di dalamnya, dan kejahatan yang dibangun di atasnya."

 

Doa Masuk Masjid Nabawi:

"اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد"

 

"Allahumma salli 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin kama sallaita 'ala Ibrahima wa 'ala ali Ibrahima innaka Hamidun Majid. Wa barik 'ala Muhammadin wa 'ala ali Muhammadin kama barakta 'ala Ibrahima wa 'ala ali Ibrahima innaka Hamidun Majid."

 

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, Maha Mulia."

 

Doa-doa ini mencerminkan rasa hormat, penghargaan, dan permohonan kepada Allah SWT saat memasuki kota suci Madinah dan masjid yang mulia, tempat terletaknya makam Nabi Muhammad ﷺ. Dengan mengucapkannya dengan hati yang khusyuk dan penuh keimanan, seorang Muslim dapat merasakan keberkahan dan kedamaian yang ada di tempat suci ini.

 

Baca juga: Hijir Ismail Bangunan Separuh Lingkaran dengan Pahala Luar Biasa

 

Selain doa-doa yang disebutkan di atas, setiap Muslim dianjurkan untuk menyebut nama Allah SWT dan mengingat-Nya sebanyak mungkin selama kunjungan mereka di kota suci ini. Dengan melakukan itu, mereka akan mendapatkan manfaat spiritual yang besar dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp