Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya, Ini Dia Keutamaan Sholat Sunnah Qabliyah Subuh

By. Dewi Savitri - 31 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sholat lima waktu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim. sholat lima waktu tidak boleh ditinggalkan apapun alasannya. Ibadah sholat menjadi salah satu rukun islam yang dianggap sebagai pondasi agama Islam.

 

Baca Juga: Jangan Lewatkan Sholat Dhuha!! Berkah Berlimpah dan Dapatkan Pintu Khusus di Surga

 

Selain sholat lima waktu yang wajib dilaksanakan, terdapat beberapa sholat lain yang dianjurkan untuk dilakukan. Sholat-sholat tersebut adalah sholat sunnah. Ada banyak sholat sunnah salah satunya adalah sholat sunnah qabliyah subuh. Sholat sunnah qabliyah subuh termasuk kedalam sholat sunnah rawatib. Sholat ini dikerjakan sebelum melaksanakan ibadah sholat subuh.

 

Sholat sunnah qabliyah subuh terdiri dari dua rakaat, dan memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan sholat sunnah qabliyah subuh yaitu:

 

1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

 

Mungkin kaum muslimin sudah banyak yang mengetahui bahwa sholat sunnah qabliyah subuh memiliki keutamaan lebih baik daripada dunia dan seisinya. Keutamaan ini tertuang dalam sebuah hadis dari Aisyah dimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya:

 

“Dua rakaat fajar (sholat sunnah qabliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya).” (HR. Muslim)

 

Jika sudah mengetahui kalau sholat sunnah qabliyah subuh saja memiliki keutamaan yang sangat besar, apalagi dengan sholat subuh yang masuk kedalam salah satu sholat wajib dari lima sholat wajib di rukun islam. Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari sholat subuh.

 

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat Isya dan sholat Subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Buhkari dan Muslim)

 

2.Mengikuti Teladan Rasulullah SAW

 

Melaksanakan sholat qabliyah subuh merupakan salah satu usaha kita dalam mengikuti teladan Rasulullah SAW. Rasulullah SAW telah memberikan contoh kepada kita sebagai umatnya untuk menjaga rutinitas dalam beribadah termasuk ibadah sholat.

 

“Rasulullah SAW dahulu diam diantara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Baca Juga: Mau Hati Tenang? Lakukan Ini di Sepertiga Malam, Ini Dia 5 Manfaat Sholat Tahajud

 

3. Menutup Kekurangan Sholat Wajib

 

Keutamaan lain dari sholat qabliyah subuh adalah untuk menutup kekurangan kita saat menjalankan Sholat wajib. Untuk menutup kekurangan tersebut, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud)

 

4. Rumah di Surga

 

Disebutkan dalam sebuah hadis bahwa setiap muslim yang melaksanakan sholat sunnah karena Allah sebanyak dua belas rakaat setiap hari, maka Allah akan buatkan rumah baginya di surga nanti. Dalam dua belas rakaat sholat ini, sholat sunnah qabliyah subuh masuk kedalam salah satunya. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Muslim yang artinya:

 

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Seorang hamba yang muslim melakukan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah SWT, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga’. (Kemudian) Ummu Habibah RA berkata, ‘Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan sholat-sholat tersebut.” (HR Muslim)

 

Baca Juga: 9 Tips Umrah Saat Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Fit Agar Ibadah Tetap Nyaman

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan sholat sunnah qabliyah, jangan lupa untuk mengamalkan sholat sunnah qabliyah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat semua!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp