Etika Penggunaan Lift Pada Hotel Jemaah Haji

By. Miftahul Jannah - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ketika berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, jemaah haji akan menghadapi berbagai situasi, termasuk situasi penggunaan fasilitas lift di hotel tempat mereka menginap. Penggunaan lift di hotel-hotel tempat penginapan jemaah haji memiliki peran yang sangat penting. Meskipun fasilitas lift tersedia, namun seringkali terjadi penumpukan antrian yang dapat menyulitkan jemaah haji. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara yang tepat dalam menggunakan lift untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan bagi semua pengguna. Berikut adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam penggunaan lift:

 

Baca Juga : Aktivitas yang dapat dilakukan Jemaah Haji Ketika Berada didalam Pesawat

 

1. Antri dengan Tertib

 

Saat terjadi penumpukan antrian, jemaah diharapkan dapat mengantre dengan tertib untuk menghormati pengguna lift yang lain dan tidak menutupi jalan orang lain yang akan keluar dari lift.

 

2. Prioritaskan jemaah yang lanjut usia atau memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

 

Ketika melaksanakan ibadah haji, kebanyakan jemaah merupakan jemaah dengan usia lansia yang sudah renta dan kadang memiliki banyak kendala. Maka diharapkan jemaah dalam kategori lansia dapat didahulukan untuk menggunakan fasilitas lift.

 

3. Jangan Memaksa Masuk

 

Baca Juga : Makanan yang didapatkan Jemaah Haji saat Ibadah di Tanah Suci

 

Jika lift sudah penuh, jangan memaksa untuk masuk dan berdesak-desakan, jemaah dapat menunggu lift berikutnya agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada lift tersebut.

 

4. Tahan Pintu Lift

 

Jika dalam ruangan lift masih dapat ditambahkan untuk memasukkan orang lain dan melihat masih ada jemaah yang akan masuk, gunakan tombol open (<>) untuk menahannya, namun jika lisf sudah penuh maka dapat ditutup dengan menekan tombol (><). Tetap berhati-hati dan hindari tekanan pada pintu lift.

 

5. Dahulukan yang Akan Keluar

 

Saat lift sudah tiba di lantai yang dituju, maka dahulukan jemaah yang keluar dari lift, dan baru masuk lift setelah jemaah tersebut keluar. Saat jemaah keluar, maka jemaah dapat berhati-hati saat keluar dengan memperhatikan barang bawaan yang dibawa, serta keluar secara cepat dan tidak melama-lamakan di dalam lift.

 

Baca Juga : 4 Hukum Ibadah Haji berdasarkan Keadaan Seseorang

 

Dengan mematuhi etika penggunaan lift yang baik, diharapkan pengalaman penggunaan fasilitas lift bagi jemaah haji tersebut akan membuat pelaksanaan ibadah haji menggunakan lift menjadi lebih efisien, aman, dan nyaman. Hal ini akan memperkuat keselamatan dan kenyamanan seluruh jemaah haji selama berada di tempat penginapan.  Semoga ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp